Mohon tunggu...
Nur Yati
Nur Yati Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Politik

Menurunnya Moral Politik Bangsa Indonesia

28 Februari 2019   10:53 Diperbarui: 28 Februari 2019   10:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kualitas sumber daya manusia dapat menentukan nasib bangsa di masa depan. Sember daya manusia yang baik tidak hanya dibentuk dengan pengeahuan saja, tetapi harus melibatkan partisipasi masyarakat dalam isu atau permasalahan yang berkaitan dengan politik.

Partisipasi polotik masyarakat merupakan bentuk aktualisasi dari demokrasi dalam politik yang akan mendukung demokratisasi sesuai dengan nilai-nilai demokrasi,yaitu adanya keterbukaan,kebebasan, dan aturan yang berlaku.

Sebagai masyarakat yang  tidak mau terlibat dalam politik, sebab politik itu buruk . kalok berbicara tentang politik, politik itu kan suatu kelompok yang sedang membicarakan seorang  individu di dalam masyarakat secara keseluruhan. 

Sebagai politik kita harus mendorong  setiap orang atau setiap individu untuk bertindak mensosialisasikan kepentingan masing-masing agar muncul atau tumbuh serta melahirkan kesepakatan bersama tanpa merugikan orang lain atau pihak manapun.contoh bahwa politik telah bergabung, yaitu ketika kita bersaing dengan tetangga sebelah rumah untuk mendapatkan suatu jabatan rukun warga untuk tetangga, atau berdebat mengenai tingginya tarif transportasi umum yang dipengaruhi oleh kenaikan harga bahan bakar minyak dunia.

Berbicara mengenai partisipasi, berarti juga membicarakan atau membahas persoalan kerelawanan dalam bertindak. Yang menarik pada pemilihan presiden republik indonesia lalu,di indonesia sekarang ini banyak sekali relawan yang berasal dari kalangan anak muda untuk mensukseskan pesta demokrasi di tahun 2019 ini, Seperti pengawas TPS,KPPS dan lain-lain. 

Dilain sisi juga banyak pemuda yang acuh banhkan golput dalam pesta demokrasi pada tahun 2019 ini. Sedangkan demokrasi sendiri berada di tangan orang tua dan anak muda hanyalah sebagai pengikut. 

Partisipasi politik yang berada dikalangan anak muda, yaitu sebanyak 1200 anak muda yang mendukung jokowi pada saat kompanye, janji dan program kerja nyata yang di buat oleh jokowi membuat para anak muda tertarik atau mengiginkan agar bangsa indonesia ini maju.

Keberadaan partai politik dinilai dan dipandang untuk mendapatkan menyadarkan masyarakat melalui peran politik, partai politik baru atau menyadari pentingnya memperhatikan anak muda sebagai potensi pemilih suara dari kalangan masyarakat.

Generasi anak muda adalah generasi yang memberikan keuntungan bagi partai politik dikerenakan ilmu pendidikan politik pada generasi muda ini di berikan secara intensif dengan kesadaran berpolitik yang tinggi dan berdemokrasi dalam berproses politik pasti akan terwujud pendidikan politik sangat penting bagi generasi muda karena mereka adalah generasi pemilih di massa akan datang.

Generasi anak muda yang ada di indonesia ini sangat berpengaruh pada politik karena anak muda sekarang ini lebih dikenlkan pada pedidikan politik, politik dibangun sedini mungkin agar demokrasi proses politik tercapai. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam membangun wawasan politik generasi muda adalah pentingnya nilai-nilai demokrasi. Berdasarkan hal tersebut dikatakan bahwa kalangan anak muda saat ini mudah mendapatkan informasi tentang politik dari berbagai media baik secara lansung dari mulut ke mulut cetak maupun online.

Indonesia menganut sistem demokrasi dalam tata cara pemerintahannya. Pemilihan umum dilakukan oleh satu orang untuk satu suara tanpa memandang tinggkat pendidikan ekonomi dan status sosial bila tidak berpartisipasi dalam pemilihan umun suara yang tidak digunakan bisa saja digunakan oleh pihat tertentu sebab setiap warga negara berhak memilih dan dipilih tentunya partisiapsi dan kesadaran akan pentingnya politik bagi generasi muda harus dilandasi oelh hasrat untuk mencapai tujuan bersama. 

Oleh karena itu  mulai dari sekarang generasi anak muda indonesia harus aktif berpolitik boleh mengikuti dalam pemilihan umum atau menyampaikan aspirasinya dengan tidak mengunakan kekerasan pada orang lain. Agar demokrasi ini berkualitas dapat terwujud atau tersampaikan.

Politik yang ada di indonesia saat ini mengalami kerusakan yang begitu parah  dengan hukum yang tidak jelas yang mereka buat sendiri justru merekalah yang melanggar. 

Kita sebagai warga indonesia membutuhkan pemimpin yang bertanggungjawab,adil,mau mengajari,mengayomi,dan menolong rakyatnya dengan kualitas kepribadian seorang pemimipin tersebut. 

Tetapi di indonesia ini sulit menemukan seorang pemimpin yang mempunyai jiwa yang adil serta bertanggung jawab di zaman sekarang ini, dimana  pada zaman sekarang ini banyaknya kasus korupsi yang dilakukan oleh sorang pemimpin itu sendiri.

Politik di indonesia sistem pemerintahannya sangat kacau. Korupsi belum bisa diberantas sampai pada akar-akarnya. Pada tahun-tahun belakangan ini banyak pengangguran. Dan banyak rakyat yang depresi dikarenakan mirisnya keadaan perekonomian mereka. Bahkan belum terlihat usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Dan hal yang terjadi pada saat ini adalah orang yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Dengan adanya kasus korupsi yang merajalela. Tidak ada tindak lanjut dari pemerintah, mereka hanya memberikan janji manis yang tidak terealisasikan. 

Dengan harga sembako semakin mahal dan melonjak tinggi. Banyak sekali rakyat yang kelaparan. Pemerintah tidak memikirkan hal itu, yang mereka pikirkan hanya materi dan materi.

Jalan satu-satunya untuk mengubah hal itu biar efektif, yaitu untuk generasi kita saat ini diharapkan untuk melahirkan generasi bibit2 kita yang baru seperti anak bayi yang baru lahir yang nantinya akan diajari dan diarahkan untuk menjadi seorang pemimpin yang bertanggungjawab. Pemimpin yang tidak akan melakukan sebuah tindakan yg tidak diinginkan. Dan tidak mementingkan diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2