Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... Editor - siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sayup-sayup Gema Takbir dari Sebelah

20 Juli 2021   08:02 Diperbarui: 20 Juli 2021   08:12 118 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sayup-sayup Gema Takbir dari Sebelah
ilustrasi. sumber: pikiranrakyat.com

DUA kali lebaran auranya berbeda. Tapi kali ini saya sedikit lega. Bisa shalat Ied. Meski terbatas di lingkungan tempat tinggal. Alhamdulillah.

Saya memilih shaf barisan belakang. Sengaja untuk merekam suasana. Seluruh jamaah sangat tertib. Memakai masker dan membawa sajadah. Maklum masih pandemi Covid-19.

Sesuai anjuran pemerintah. Pengurus DKM Musala Al Qolam -Permata Depok- tak henti wanti-wanti. Ketua (RT) juga rajin mengingatkan warganya. Kita semua saling menjaga dan mengingatkan.

Butuh kesadaran masyarakat. Butuh kerja sama semua pihak. Pemerintah telah bekerja maksimal. Beragam kebijakan dibuat. Tentu dengan kajian yang matang. Kesehatan jadi prioritas.

Tapi, hari ini, saya tidak Shalat Idul Adha. Musala Al Qolam ditutup sementara. Kesepakatan antara pengurus RT dan DKM. Mengingat tingginya warga yang terkonfirmasi covid-19.

Pemukiman kami masuk zona merah. Lebih 5 rumah dalam sepekan dinyatakan positif. Bahkan dua warga meninggal dunia. Karena Covid-19. Pak RT sendiri yang menginformasikan. Kemudian diteruskan ke Satgas Kampung Siaga. Seterusnya...

Sedih, tentunya. Jika dua bulan lalu bisa solat Ied, kini cuma mendengarkan suara takbir. Itu pun sayup-sayup dari masjid lingkungan sebelah. Bukan dari musola di lingkungan kami.

Peniadaan aktivitas ibadah ini demi memutus mata rantai Covid-19. Pemerintah menganjurkan masyarakat melakukannya di rumah masing-masing. 

Sesuai Surat edaran Menag No SE 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat adalah panduan bagi umat Islam.

Sholat Idul Adha adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk didirikan oleh umat Islam. Pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah 1442 H jatuh pada hari Minggu, 11 Juli 2021 berdasarkan hasil keputusan Sidang Isbat, Sabtu (10/7/2021) lalu. Hari raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan