Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... Editor - siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

La Roja Mulai Bermimpi, Sergio Ramos Nonton dari Televisi

3 Juli 2021   07:43 Diperbarui: 3 Juli 2021   07:47 118 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
La Roja Mulai Bermimpi, Sergio Ramos Nonton dari Televisi
Sergio Ramos menonton dari rumah. Foto: Football Espanya/Alan Feehely

Timnas Spanyol mulai merangkai mimpi. La Roja menembus semifinal. Meski melalui perjalanan yang terjal. Jalan itu harus dilalui dengan tos-tosan melawan Swiss.

La Roja melakukan perjalanan ke Rusia pada Jumat (2/7) malam untuk menghadapi Swiss di perempat final Euro 2020. Spanyol memang difavoritkan, tapi menemui jalan yang rumit.

Pasukan Luis Enrique mengalahkan Kroasia 5-3 setelah perpanjangan waktu pada laga sebelumnya di babak 16 besar. Sementara Swiss mengalahkan favorit Prancis melalui adu penalti setelah hasil imbang 3-3 yang mendebarkan di malam yang sama.

Luis Enrique dan anak buahnya mendapat kecaman serius sepanjang turnamen. Mantan pelatih Barcelona itu tak menyeratakan pemain Real Madrid dalam skuatnya. Termasuk bek senior Sergio Ramos.

Alhasil, Spanyol membuka kampanye mereka dengan dua hasil imbang yang mengecewakan melawan Swedia dan Polandia di La Cartuja di Seville. Kontan kritikan mengalir deras dialamatkan kepada pelatih berkepala batu itu.

Tapi, La Roja mematahkan kritikus dengan mengobok-obok Slovakia 5-0 di laga terakhir fase grup. Sejurus kemudian mengalahkan Kroasia yang dipimpin Luka Modric di Kopenhagen. Spanyol sudah mulai bermimpi.

Ekspektasi berubah menjadi kegembiraan di sepuluh menit pembukaan di Saint Petersburg, Sabtu (3/7) dini hari. Spanyol memimpin di menit kedelapan. Bola jatuh di kaki bek sayap Barcelona Jordi Alba di tepi kotak penalti. Kontan pemain Barcelona itu melepaskannya dengan keras dan tepat mengenai bagian belakang gawang dengan bantuan defleksi dari Denis Zakaria.

Swiss yang terus tertekan mampu mencuri perhatian. Pada menit 68 Xherdan Shaqiri menyamakan skor 1-1 berkat assist Remo Freuler. Tapi Swiss harus bermain dengan 10 orang setelah Remo Freuler diacungi kartu merah pada menit 77.

Sayangnya Spanyol gagal memanfaatkan keuntungan materi pemain. Swiss total merapatkan barisan di belakang. Hingga perpanjangan waktu tak ada gol tambahan.

Kebentungan datang saat tos-tosan. Swiss hanya mampu mengkoversi satu gol tambahan dari eksekutornya. Sedangkan Spanyol hanya Sergio Busquest dan Rodri yang gagal. Skor 3-1 untuk La Roja.

Mantan kapten Real Madrid Sergio Ramos, yang tidak masuk skuad tetapi menonton di rumah. Dia tampak senang dan bersorak untuk skuat La Roja. *****

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN