Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Bahasa Indonesia di Kampus Warsawa

2 Juni 2021   07:43 Diperbarui: 2 Juni 2021   12:35 143 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bahasa Indonesia di Kampus Warsawa
University of Warsaw. foto dok pribadi

SENJA mulai tiba. Sekitar pukul 20.00 waktu Warsawa, Polandia. Matahari masih malu-malu untuk menjauh.

Hembusan angin menusuk tulang saya yang tipis. Jaket sudah tiga lapis di badan. Padahal Eropa di bulan Juni memasuki musim panas. Tapi, terkadang summer-nya 'tipuan'. Suhu udara tetap di bawah 20 derajat di malam hari.

Saya melangkah pelan. Bertemu dengan Irmina Lankiewicz. Tempatnya: Stasiun Trem Centrum. Pertemuan dengan cewek bule itu sudah direncanakan. Sebelum saya berangkat dari Jakarta.

Saya belum tahu wajah aslinya. Hanya kenal lewat dunia maya. CouchSurfing - komunitas pecinta budaya dunia. Kami berkomunikasi sekitar 3 bulan sebelumnya.

Mamanjat CouchSurfing biasa saya lakukan. Ketika tugas ke luar negeri. Seperti liputan sepakbola Eropa atau Piala Dunia. Tujuannya mencari tempat penginapan atau kemudahan saat tugas liputan. Sekaligus sharing informasi budaya Indonesia.

Irmina--lidah saya sulit menyebut nama belakangnya- yang berusia 22 tahun- wanita yang mandiri. Bule Polandia itu tinggal di sebuah apartemen. Seorang diri. Tak sembarang orang bisa masuk. Tentu dia sangat selektif.

Saya diajak mampir ke apartemennya. Saya kaget ketika dia sodorkan buku tentang Indonesia berbahasa Polandia. Dia sempat mengetes pengetahuan saya soal Indonesia.

Si Pirang ini  mengajak saya keluar kota: dari Warsawa ke Krakow. Dengan kereta cepat. Kami berbagi cerita. Soal segala hal. Sepanjang perjalanan sekitar 2 jam. Bangunan eksostis menyegarkan mata dan pikiran.

Dia menggiring saya ke Katedral Wawel. Istana tempat pemakaman raja-raja dan tokoh penting Polandia. Kami juga melangkah ke kawasan alun-alun. Di sana ada gereja St. Mary yang indah. Aslinya dibangun pada tahun 1222.

Lain lagi dengan Anna Stepien. Juga orang Polandia. Anna kuliah di University of Warsaw. Dia mengambil jurusan antropologi Strata 2 (S-2).

Wanita 25 tahun ini cukup paham sejarah Polandia. Kami menyisir kota tua di Warsawa. Dia bercerita tentang Menara Benteng Warsawa. Sebuah kompleks raksasa berusia 5 ribu tahun. Terdiri dari benteng dan kuburan berlapis batu telah ditemukan di Polandia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN