Mohon tunggu...
Siwi W. Hadiprajitno
Siwi W. Hadiprajitno Mohon Tunggu... Freelancer - Pewarta Penjaga Heritage Nusantara.

Energy can neither be created nor destroyed; rather, it can only be transformed or transferred from one form to another.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Renung Pagi

18 Desember 2020   09:37 Diperbarui: 18 Desember 2020   09:41 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Burung liar/mongabay.co.id

Tadi pagi saat gosok gigi di kamar mandi
kudengar burung berkicau riang sekali
ada yang kusesali
sudah seusia ini aku tak mengenal nama burung liar sumber suara indah itu
Kutilang?
Prenjak?
Wiwik?
Branjangan?
Trucuk?
Kacer?

baru kusadari setakpeduli itu aku pada sekitarku: alam ciptaan Tuhan

Lalu kudengarkan seluruh suara alam yang bisa kutangkap rentang panjang gelombangnya
diam
hening
renung
aku tertenung
sebuah suara berkata: sesungguhnya jika kau terlalu sibuk dengan pikiranmu yang riuh, kau telah kehilangan kesempatan mendengar pesan semesta yang bahkan diselipkannya lewat jerit jangkrik

aku malu
terlalu sekali aku ini
terlalu lama aku menuhankan diri

Parung Mulya, 18 Desember 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun