Mohon tunggu...
Siva Cathrinada Meyik
Siva Cathrinada Meyik Mohon Tunggu... Mahasiswa - 2019120102

Administrasi Publik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kebijakan Pemerintah dalam Menangani Pandemi Covid -19

26 Juli 2021   11:42 Diperbarui: 26 Juli 2021   12:07 274 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebijakan Pemerintah dalam Menangani Pandemi Covid -19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 ini sudah merajalela di berbagai Negara maupun usia maka dari itu pemerintahan membuat kebijakan.

pada dasarnya kebijkan itu ialah prinsip atau cara bertindak yang dipilih untuk mengarahkan pengambilan keputusan. Kebijakan merupakan instrumen pemerintah,bukan saja dalam arti goverment yang hanya menyangkut aparatur Negara tetapi juga government yang menyentuh pengelolaan sumberdaya publik. Kebijkan pada iuntinya merupakan keputusan-keputusan atau pilihan tindakan yang secara langsung mengatur pengelolaan dan penidustrian sumber daya alam,finansial dan manusia.

Sejak awal ada nya Covid-19 ini hingga pertengaha tahun 2021 masyarakat mengalami penderitaan yang berkepanjangan,penderitaan yang banyak dialami ialah masalah ekonomi. karena karakter virus Corona ini sangat berbeda dan berbahaya dengan jenisnya penyakit epidemik lainnya. Untuk mencegah penyebaran penularan ini vvirus Corona ini pemerintah membuat serangkaian kebijakan untuk menanganinya. 

Kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah tersebut ada yang tertulis ada juga yang tidak tertulis. Kebijakan yang tidak  tertulis bentuknya adalah ajakan yang berasal dari pemerintah,tokoh masyarakat,tokoh adat dan tokoh budaya yang berisi himbauan terkait dengan pencegahaan dan penanganan Covid-19.

Contoh kebijakan tertulis seperti: KEPPRES No. 11/2020 tentang penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), PERPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijikan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemi Covid-19,  dan memperpanjang pelaksaan kerja dirumah (WFH).

Kebijakan merupakan suatu ketetapan yang memuat prinsip-prinsip untuk mengarahkan cara-cara bertindak yang dibuat secara terrencana dan konsisten untuk mengatasi masalah dan untuk mencapai tujuan tertentu.

Berikut ini berbagai kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran penuluran Covid-19 agar tidak menyebar luas dimasayarakat apalagi dikalangan keluarga yang telah diimlementasi selama masa penularan wabah Covid-19 adalah sebagai berikut: 

  1. kebijakan berdiam diri dirumah
  2. kebijakan pembatasan sosial
  3. kebijakan pembatasan fisik 
  4. kebijakan penggunaan alat pelindung diri
  5. kebijakan menjaga kebersihan diri
  6. kebijakan bekerja dan belanja dirumah 
  7. kebijakan menunda semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang
  8. kebijakan pembatasan sosial berskala besar 
  9. kebijakan ppkm darurat  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN