Mohon tunggu...
Situr Wijaya SE
Situr Wijaya SE Mohon Tunggu... Merubah Masa Depan Lewat 4.0

Penulis di Kompasiana.com, YouTuber dan Journalist.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Beranikah Jokowi Seandainya Copot Luhut Binsar Panjaitan?

2 Juli 2020   09:05 Diperbarui: 2 Juli 2020   17:31 111 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beranikah Jokowi Seandainya Copot Luhut Binsar Panjaitan?
Luhut dan Jokowi. Foto: demokrasi.co.id

Ruhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi , dijuluki Menteri segala Menteri, namanya makin terudut oleh netizen lantaran mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) China dimasa Pandemi Covid-19.

Nama Luhut panjaitan bahkan disebut Menteri yang paling ditakuti oleh Presiden.

Lantas, siapa Luhut Binsar Panjaitan?, ko nampaknya Menteri rasa Presiden amat si... bisa mengatur semuanya, bukankah hak Preogratif sepenuhnya ditangan Presiden?.

Jokowi bisa saja mencopot semua Menterinya jika dianggap kerja tidak maksimal, apa lagi sudah dianggap membuat Gaduh masyarakat banyak. Misalnya kegaduhan di Kendari, Sulawesi Tenggara yang berlangsung saat ini.

Demo besar-besaran terjadi untuk Menolak kedatangan TKA melalui Bandara Haluoleo, Kendari, Sultra.

Dikutip dari Kompas.com, Sebagai informasi, pada 30 Juni 2020 dikabarkan ada sebanyak 105 TKA asal China yang akan tiba di Kendari. Merupakan Gelombang Kedua.

Mereka merupakan rombongan kedua dari 500 TKA yang akan bekerja di Kawasan Industri Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya pada 23 Juni 2020, ada 152 TKA yang sudah tiba di Kendari. Mereka didampingi empat tenaga medis. Kedatangan TKA kala itu, juga disambut dengan demonstrasi yang berakhir ricuh pada dini hari.

Aksi Demonstaran bahkan sempat bermalam dan membuat situasi di sana agak mencekam khususnya di perempatan dekat Bandara Haluoleo, Kendari.

Kemarahan Presiden Jokowi rapat Kabinet belum lama ini nampaknya tidak berguna jika tidak ada pergeseran atau pergantian Menteri yang lemah, membuat gaduh dan terlalu banyak gerakan tambahan diluar sop yang diterapkan.

Masyarakat bertanya, beranikah Jokowi copot Menteri Luhut Binsar Panjaitan?

VIDEO PILIHAN