Mohon tunggu...
Ganda Situmorang
Ganda Situmorang Mohon Tunggu... Konsultan

Staf Ahli Pencegahan Korupsi - KPK.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Surat Terbuka kepada Menteri Parekraf

10 November 2019   14:06 Diperbarui: 10 November 2019   14:22 178 0 0 Mohon Tunggu...

Surat Terbuka

Ganda Situmorang

Kpd. Yth. Menteri dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf)

Mau dibawa kemana sih sebenarnya program pariwisata di Danau Toba oleh pemerintahan pak Jokowi?

Pertanyaan reflektif ini muncul di benak saya ketika membaca pernyataan bung Wishnutama di satu media Sindo. Anda menyatakan bakal sulap Toba dan Bali ramah wisman muslim. Apa?

Awalnya dulu kawasan Danau Toba dikatakan oleh  pemerintah bakal disulap sebagai Monaco of Asia. Sekarang lagi lain.

Kenapa sih ga coba mengenal dulu potensi dan realita budaya dan alam setempat lalu dijadikan baseline untuk bikin rencana pengembangan industri wisata sebagai lokomotif pembangunan wilayah?

Cobalah dialog dulu dengan masyarakat di  Toba. Apa yang dimaui? Seharusnya sulap dong Toba itu jadi benar2 kepingan surga Tanah Kanaan. Pugarlah gereja-gereja di Toba menjadi indah dengan menara2 menjulang tinggi. 

Bukankah itu menjadi ciri khas daerah Toba yg seharusnya dikembangkan jadi atraksi wisata? Kenapa mau bangun industri pariwisata Toba harus disulap jadi ramah wisman muslim? 

Bukankah di setiap pelosok negeri ini, termasuk di Toba mulai dari rumah sakit, kantor pemerintah, hotel, rumah makan, ruang tunggu bandara hingga pom bensin tersedia khusus ruang ibadah muslim lengkap dengan tempat wudhunya? Mohon maaf kepada saudara2ku Muslim terpaksa saya harus utarakan ini karena terkait substansi dan konteks pernyataan dari bro Menteri Wishnutama.

Toba yang mayoritas Kristen Batak dan ramah terhadap siapa saja yang berkunjung. Karena kami diajarkan oleh orang tua dan leluhur bahwa siapapun tamu yang berkunjung adalah raja. Tak perlu lah diajari kami apa itu ramah dan toleransi beragama. Tetapi sebagai Menteri pariwisata yang kreatif tolong difasilitasi supaya budaya dan daerah Toba lebih maju sikit sesuai potensi aslinya supaya menjadi daya tarik para pelancong dari seluruh dunia tak terkecuali wisman muslim. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN