Travel

Tanah Airku, Indonesia

4 Maret 2019   00:25 Diperbarui: 4 Maret 2019   00:53 67 0 0

Tanah air ku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidakkan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau ku hargai

Walaupun banyak negeri kujalani

Yang mahsyur permai dikata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Disanalahku rasa senang

Tanahku tak ku lupakan

Engkau kubanggakan....

Yah lagu itu telah mewakili perasaan kita semua dimana tidak ada tempat yang lebih nyaman selain tempat kelahiran kita, tidak ada tempat singgah yang menentramkan hati selain tanah kelahiran kita... Indonesia. Di manapun kita berada pastilah kita akan merindukan tanah air kita. Tempat di mana kita tinggal, tempat di mana kita berasal, tempat di mana kita dibesarkan, dan memperoleh kehidupan, dan memetik kekayaan alamnya untuk pertumbuhan kita.

Banyak Negeri yang indah di dunia ini, tapi tidak dapat dipungkiri kita pasti merindukan tempat kita berasal. Tidak ada yang tidak mengenal Negeri ini, ya Indonesia ... negeri yang terkenal akan kekayaan alam yang berlimpah, hamparan tanah yang terbentang luas yang apapun yang ditanam di sana akan tumbuh, suguhan gunung-gunang nan indah disana sini yang menjulang ke angkasa yang menyimpan banyak mineral dan bebatuan, beribu-ribu pulau yang sangat indah.

Luasnya lautan dengan hiasan air laut yang berwarna biru yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis ikan. Budaya adat, tarian, alat musik dan bahasa yang beraneka ragam mengisi indahnya nusantara, berbagai macam umat beragama yang berbeda-beda  membuat negeri ini sangat-sangat berwarna. Hiasan hutan yang begitu lebat menghijaui bumi membuat alam ini terasa sejuk dan Masyarakatnya yang ramah. Bagaimana kita akan berpaling dari negeri ini jika semua terasa sempurna?

Untuk itu sobat, kita harus mencintai tanah air ini, kalo bukan kita para pemuda pemudi yang mencintai dan merawatnya lalu siapa lagi? Karena diluar sana banyak mata-mata yang julit yang ingin mengambil Negara ini, kekayan ini. Tapi sayangnya di era yang sekarang ini rasa cinta terhadap tanah air yang dimiliki para generasi muda mulai menurun. Tidaklah banyak yang  peduli dengan semua ini, mereka sibuk dengan kepentingan masing-masing dan penurunan semangat itu tidak luput dari beberapa sebab.

Salah satu penyebabnya adalah globalisasi di mana era itu telah mengubah segalanya. Banyaknya budaya luar dengan sangat gampang masuk ke Negara ini dan melunturkan budaya asli kita membuat para generasi muda berlomba-lomba mengikuti budaya luar. Masuknya produk-produk luar negeri yang melunturkan rasa cinta kita terhadap produk dalam negeri.

Ya sebutan yang paling tepat adalah kita dijajah kembali, ketidakpedulian antar perseorangan, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri, kurangnya toleransi antar umat beragama yang menjadikan keributan di mana-mana. Untuk itu kita harus mempunyai kesadaran untuk merubah hal-hal tersebut. Salah satunya dengan cara kita mencintai tanah air yaitu dengan mempertahankan dan melestarikan budaya kita. Tak usah lah melirik budaya luar lalu menirunya, karena budaya kita jauh lebih menarik dan unik yang mempunyai  sensasi tersendiri untuk memikat hati para turis warga manca Negara dunia.

Tanpa kita sadari Tuhan memberikan amanah yang begitu besar, amanah yang harus kita jaga dan kita pelihara jangan sampai rusak. Tak jarang kita menemui bebagai kerusakan alam disekitar kita seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami dan lain sebagainya. Semua itu bentuk daripada peringatan dari tuhan karena kita lalai dan tidak menjaganya dengan baik.

Kita terlena dengan era ini sehinga kita disibukkan dengan diri kita masing-masing. Untuk itu marilah kita tumbuhkan lagi rasa semangat kita rasa cinta kita terhadap tanah air tercinta, sangat disayangkan jika keindahan ini dilewatkan begitu saja. Cinta tanah air itu sama halnya dengan rela berkorban jiwa dan raga demi Negara. Mari kita jaga, mari kita lestarikan, mari kita majukan bangsa ini dengan prestasi-prestasi kita. Dan tanamkan rasa bela tanah air ini kepada anak-anak kita, adik-adik kita dengan cara-cara sederhana seperti upacara setiap minggu sekali dengan menghormati sang merah putih serta selalu mengenang para pahlawan kemerdekaan, agar rasa itu sudah tertanam sejak kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2