Mohon tunggu...
Sitis Hasibuan
Sitis Hasibuan Mohon Tunggu... Guru

Membaca, menulis lalu membagikannya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inilah Tips Belajar dari Rumah (BDR) Tetap Efektif dengan Produk AON

14 Juli 2020   16:27 Diperbarui: 14 Juli 2020   16:31 46 3 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, beberapa aktivitas sudah diperbolehkan dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Beberapa kegiatan yang diperbolehkan seperti perkantoran, perkuliahan, persekolahan hanya saja sayangnya sekolah dasar masih tetap belajar dari rumah, sesuai kondisi zona pada daerah masing-masing, nah untuk wilayah Kota Pontianak sendiri untuk saat ini masih berstatus zona kuning. Berada pada zona kuning proses pembelajaran masih daring  (Online), itu artinya belajar dari rumah hingga kondisi darurat pandemi ini berakhir.

Belajar masih tetap dari rumah, rindu proses pembelajaran bertatap muka harus ditahan dulu, hingga ada himbauan pembelajaran bisa normal seperti kondisi sebelum pandemi menyerang. 

Terkait Peraturan belajar dari rumah mau tidak mau, suka  tidak suka harus ditaati demi keselamatan bersama sesuai himbauan menteri pendidikan yang belum lama ini disampaikan.

Menaati himbauan belajar dari rumah sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. 

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti whatsapp, telegram, Instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran.

Tips agar belajar dari rumah semakin efektif :

  • Menyesuaikan media yang akan digunakan, baik yang dimiliki guru ataupun siswa sesuai kesepakatan para orangtua siswa dan guru yang akan mengajar. (proses pembelajaran akan dilakukan melalui zoom, grup wa, google classroom dsb).
  • Menetapkan waktu antara kedua belah pihak baik dari guru ataupun siswa-siswi serta para orangtua.
  • Menyiapkan semua keperluan selama proses pembelajaran (Gawai, laptop, koneksi internet)
  • Mendampingi putra-putri dalam proses pembelajaran selama berlangsung agar jika ada kendala yang tidak dapat diselesaikan peserta didik orangtua langsung memberi solusi.

Persiapan belajar dari rumahpun saya penuhi dengan baik. Mulai dari mempersiapkan materi-materi pembelajaran, melatih desain grafis sebisanya agar penyajian materi pembelajaran bertambah menarik, melihat tutorial-turorial membuat video dan meng-Upload ke youtube, pokoknya semuanya terkait konten-konten pembelajaran yang berbasis online.

Belajar dari rumah tetap bisa dilaksanakan dengan baik asal terhubung koneksi internet, apa jadinya jika materi pembelajaran yang sudah dibuat semanarik mungkin, tetapi tidak ada koneksi internet ? sedang serius rapat virtual koneksi macet atau tiba-tiba habis paket ? tentu belajar dari rumah jauh dari kata maksimal.

Belajar dari rumah membuktikan teknologi itu ajaib, menghubungkan jarak. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran daring ini saya tetap dapat memastikan siswa-siswi saya mengikuti pembelajaran bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda #kalahkanjarak

Jarak puluhan kilometer, ratusan kilometer, bahkan ribuan kilometer bisa saya taklukkan secara sederhana hanya dengan perantara gawai, laptop yang terkoneksi internet.

Koneksi internet bukan hal mewah lagi untuk saat ini, melainkan hal kebutuhan layaknya nasi sebagai kebutuhan pokok. Beragamnya kegiatan yang akan dilakukan dalam jaringan saya membutuhkan koneksi internet yang tidak terlalu memberatkan namun tetap bisa maksimal melakukan kegiatan-kegiatan dalam jaringan. Maklum, krisis akibat pandemi sedang masa pemulihan, hingga saya harus cerdas mengelola keuangan secukupnya, dan seperlunya saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN