Mohon tunggu...
Siti Ramadhani
Siti Ramadhani Mohon Tunggu... KKN DR Kelompok 14 tahun 2020

Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Media

Media Komunikasi dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19

15 Agustus 2020   01:00 Diperbarui: 15 Agustus 2020   00:58 408 0 0 Mohon Tunggu...

Dimasa Pandemi saat ini banyak kegiatan yang terhenti, terutama kegiatan belajar mengajar, mengingat COVID-19 yang mudah sekali menyebar. Jadi pemerintah menghimbau kepada seluruh sekolah maupun universitas untuk melakukan pengajaran secara daring atau belajar dari rumah agar virus ini tidak menyebar ke anak-anak bangsa.


Selama proses pembelajaran daring ini, ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengikuti pembelajaran daring, yang mana aplikasi-aplikasi ini sangat bermanfaat pada saat pandemi saat ini.


Berikut aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring, antara lain:


1. Whatsapp, merupakan salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran daring, mengingat pasti semua orang memiliki whatsapp, sebelum masa pandemi ini whatsapp sudah menjadi aplikasi yang hampir digunakan oleh guru maupun pelajar, karena whatsapp ini sangat efisien yang bisa membuat grup dan bisa mengirim tugas kuliah.


2. Zoom, dimasa pandemi ini aplikasi zoom mulai digunakan karena zoom ini bisa melakukan video call yang dilakukan lebih dari 100 orang, jadi walaupun tidak belajar secara langsung tapi aplikasi zoom ini bisa membantu guru maupun siswa atau dosen dan mahasiswa untuk belajar seperti biasa. Jadi sangat membantu proses belajar mengajar. 


3. Google meet, aplikasi ini juga digunakan dalam pembelajaran daring, google meet hampir sama seperti zoom, hanya saja google meet ini letak videonya mengarah ke bawah yang membuat kita bisa memilih wajah siapa yang sedang berbicara dan google meet hanya dapat digunakan oleh 30 pengguna lainnya, sehingga dapat bermanfaat. 


4. Classroom, aplikasi ini juga sudah sering digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebelum masa pandemi saat ini, Classroom digunakan dosen dan mahasiswa apabila tidak dosen tidak hadir dalam kelas dan mahasiswa disuruh absen dan mengumpulkan tugas kuliah nya. Apalagi dalam pembelajaran daring ini bukan hanya mahasiswa saja yang menggunakannya tetapi anak sekolah juga sudah menggunakan karena lebih efisien dalam pengumpulan tugas. 

Itulah beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi saat ini, meskipun tidak ada COVID-19 tapi aplikasi diatas tetap digunakan walaupun tidak sesering sekarang ini karena aplikasi diatas sangat membantu proses belajar mengajar saat ini. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x