Mohon tunggu...
Siti Nuronniah
Siti Nuronniah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Memasak Menu Sayur yang Sehat untuk Balita

22 Juni 2021   16:10 Diperbarui: 22 Juni 2021   16:21 72 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Memasak Menu Sayur yang Sehat untuk Balita
sumber: foreverkids.com

Balita adalah singkatan dari bayi lima tahun. Balita adalah salah satu periode usia manusia setelah bayi yang berusia sekitar dua sampai lima tahun. Pada usia inilah bayi akan mulai suka ataupun tidak suka dengan sayur,meskipun sejak bayi sudah diberi sayuran. Sayuran menjadi menu wajib yang harus dipenuhi oleh balita.

Kebanyakan balita memang sulit untuk mengkonsumsi sayuran karena rasa yang aneh. Namun sangat dibutuhkan demi pertumbuhan balita. Kurang lebih balita merespon ketidaksukaannya dengan melepeh atau membuahnya dari mulut. Itu yang berakibat kebingungan bagi ibu dalam memilah sayuran yang disukai sang anak.

Sang buah hati akan berkembang dengan baik secara sehat dengan memberikan berbagai macam nutrisi yang cukup dari sayuran. Sayuran memiliki peran penting bagi tumbuh kembang anak. Manfaat dari sayur adalah melancarkan pencernaan,menjaga kesehatan organ tubuh,dan dapat mencegah resiko penyakit.

Berbagai macam sayuran dapat dijadikan menu dalam memasak ini,seperti sup bayam jagung,sup telur jagung,capcay,tumis sosis sayur,tumis soun jagung muda,sup kacang merah,cah bakso jamur,sup rolade sayuran,sup ayam kampung,sayur caisin,sayur asem,sup galantin ayam solo. Itulah berbagai macam menu yang bisa disajikan untuk balita.

Ada berbagai macam jenis sayur yang sehat bagi tumbuh kembang anak seperti,wortel yang kaya akan beta-karoten,brokoli kaya akan vitamin A,vitamin C dan float,jagung manis yang kaya akan protein,bayam yang kaya akan vitamin A,C,E asam folat,zat besi,kalsium. Berikut contoh memasak sup kentang wortel yang digemari anak:

Bahan yang dibutuhkan:

1. 500 ml kaldu ayam

2. 100 wortel, potong kecil-kecil

3, 30 gram kacang polong

4. Kentang, kukus, haluskan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x