Mohon tunggu...
Siti Nuronniah
Siti Nuronniah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Setelah Lebaran

14 Mei 2021   23:05 Diperbarui: 12 Juni 2021   20:07 556 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Setelah Lebaran
sumber:kinetic edge physical therapy

Tidak terasa ternyata hari lebaran telah berlalu begitu cepat. Setelah lebaran tentu kita telah mengkonsumsi berbagai macam makanan yang masuk kedalam tubuh. Tanpa kita sadari bahwa makanan tersebut mengandung banyak sekali lemak jenuh. Seperti ketika mengkonsumsi opor,rendang,gulai yang ternyata mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pastinya menjaga kesehatan tubuh setelah lebaran begitu penting dilakukan setlah kita menjalankan lebaran dengan makan dan minum yang memiliki kalori tinggi. Sebagai rutinitas dan kegiatan yang dilakukan ketika berpuasa akan cukup berbeda dengan setelah lebaran. Jika kkita melakukan rutinitas yang sama ketika berpuasa maka justru kondisi tubuh kita akan menurun.

Maka saya jabarkan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatur pola hidup sehat setelah lebaran:

1. Mengkonsumsi banyak air putih

Ketika berpuasa dan lebaran,tubuh kita akan kekurangan air bahkan kita sering mengkonsumsi minuman manis yang dikatakan tidak baik bagi kesehatan. Dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari dalam upaya agar dapat mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilag ketika beraktivitas. Tentunya lebih utama untuk menghindari minuman manis yang berdampak buruk bagi pencernaan.

2. Menghindari minuman kaya akan gula dan manis-manis

Ketika berpuasa lidah kita sudah dimanjakan dengan minuman manis seperti es buah yang biasa kita lakukan ketika berpuasa bisa berlanjut sampai setelah lebaran. Maka jika kita ingin hidup sehat,dapat mengganti minuman manis dengan air putih saja.

3. Melakukan kegiatan olahraga

Ketika berpuasa,kita sangat merasa malas untuk berolahraga karenanya tubuh sudah merasa capek dan lemas. Begitu pula ketika setelah lebaran,akan bertambah malas karena sudah makan banyak. Kebiasaan itulah yang dapat menghambat kegiatan sehari-hari,maka mari mulailah berolahraga guna membakar kalori dalam tubuh dengan pola yang benar.

4. Menjaga pola makan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN