Mohon tunggu...
Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Mohon Tunggu...

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 2015

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Jogja VS Jakarta

2 Januari 2016   20:34 Diperbarui: 2 Januari 2016   20:34 211 0 0 Mohon Tunggu...

ni tahun ke 6 tahun saya benar-benar menetap di jdi jogja *so, masih pake kata “saya, aku, kamu,anda ahaha*. sebelumnya, selama 6 tahun lebih saya menetap di jogja, krn sekolah. sebenernya sih saya lahir dan besar di jakarta.

semenjak menjadi warga tetap *insyaallah* jogja, dunia serasa berubal total *halah*. dari rutinitas ampe urusan perut dan tidur jadi berbeda. sekarang, saya lagi merindukan kenyamanan dan kemudahan kehidupan jogja…

berikut adalah perbedaan antara jakarta jogja *selain kotabesar vs kota kecil yaa* :

1. panas. jakarta super panas. hujan ga hujan tetep aja panas. dan ini sudah menjadi fakta turun temurun semenjak manusia mengenal pembangunan dan teknologi. jogja, cuaca tak menentu. kadang panas, kadang dingin. kadang berangin kadang cepoi cepoi. bahkan, siang bolong dengan matahari yg terik, masih aja kerasa “dingin”. dan, malem, terlebih, waktu2 fullmoon, itu udaranya dingiiiin banget!.

2. polusi. ga usah ditampik, jakarta emang gudangnya polusi. jogja, “sedikit” berpolusi, tapi setidaknya masih bisa bernafas lega. nah kalo di Jakarta, sesak napaaas T_T

3. kriminalitas. dulu, di jogja, tepatnya di kotanya loh, mw keluyuran dari siang bolong ampe tengah malem, apa lagi ampe pagi nongkrong di alun2 juga tetep amaan. cewe wira wiri naek motor juga gapapah loh..jakarta?? jangan ngarep deh! :D

4. jarak. di jakarta, dekat dimata, jauh di kaki. kemana-mana jauh. mw ke mall, ke pasar, ke toko buku, ke warteg kemana-mana kerasa jauhnya. padahal sebenernya ga jauh, cuman muter dulu, banyak jalan yang searah rutenya. kalo jogja mah paling deket sana deket sini. mw ngebut mw pelan tetep aja deket ehehe ini semua karena jogja belon kenal macet. jakarta itu gembongnya macet ehehe… istilahnya begini : sedeket-deketnya jarak di jakarta itu jauhnya jogja ehehe… hidup jogja!

5. makanan. di jakarta, makanan murah itu identik dengan : tempat kotor, sedikit kumuh, banyak lalat dan ga tau ya itu makanan layak dimakan ato nggak. jangan2 makanan bekas makanan hotel yg udah di tumpuk di Tempat Pembuangan Sampah, ato, makanan busuk.. kalo penge makanan bersih ya kudu ke foodcourt ato resto semodel hokben, McD, redbeans ato apa lah itu ya resto2 itu tuh. Nah kalo jogja, masih banyak tempat makanan murah tapi bersih dan terjamin, jd bs berhemat sekaligus menjaga kesehatan ehehe..

6. semakin dekat… jakarta, tinggal dijakarta, semakin dekat dengan orangtua dan kelurga. semua cukup dengan waktu 8 jam perjalanan. kalo jogja-lampung butuh waktu sehari semalem cuy. keluarga juga ga ribet2 amat kalo mw nengokin. dan ehem, saya jd lebih dekat sm bun ehehe

7. tempat hiburan dan shopping centre. di jakartaaa..jangan tanyaaa…disini mah gudangnya segala-galanya ahaha. jogja?? jogja cuman punya, kalo ga salah, 4 mall kecil dan begitu-begitu aja. bioskop 21 aja cuman punya satu. nah, kalo jakarta, banyaaaak!! :D selain itu, di jogja, kalo mw ke pantai deket loh..hehe..jakarta juga deng, tapi deket kalo rumah kita deket sama lautnya ahaha…

8.sistem kekeluargaan dan keramahtamahan. jangan dibahas deh :D

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x