Mohon tunggu...
Sosbud

Ramah dalam Memberi Pelayanan

26 Maret 2019   02:11 Diperbarui: 26 Maret 2019   02:16 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Baru pertama kalinya penulis mengunjungi suatu lembaga pelayanan umum. Disana ada kejanggalan penulis yang membuat kapokuntuk pergi kesana lagi. Itu mengenai penjelasannya yang tidak begitu ramah sehingga kita tidak bisa menangkapnya dengan baik.

Seperti antrian sebelum penulis, yaitu bapak yang berpenampilan sederhana dan terlihat tua. Beliau susah faham dengan penjelasan pihak lembaga tersebut. Dan hampir saja pihak lembaga itu marah karena bapak tersebut dirasa menghabiskan waktu sia-sia karena dijelaskan panjang lebar tapi tidak faham juga.

Hal tersebut memerlukan penjelasan lebih lanjut atau sosialisasi terhadap masyarakat terhadap apapun yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Sebagai pengurus desa akan mengkoordinir kegiatan tersebut kepada setiap pihak terkecil yang meliputi kepala RT/RW ataupun keluarganya.

Dari pihak lembaga juga harus menyiapkan pihak-pihak pelayanan yang tidak hanya kompeten tapi juga memiliki sikap pelayanan yang sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku. Dan dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Hubungan 

Hubungan antar individu sangat mempengaruhi pada produktivitas kegiatan. Hubungan tersebut bisa terjalin dengan baik atas dasar sikap, pemikiran  dan perkataan. Contoh misalnya, ketika kita bertemu dengan orang yang tak dikenal dan beliau lebih tua, maka keramahan awal kita ditunjukkan dengan tersenyum dan membungkukkan badan ketika melewatinya.  

Dan untuk taraf selanjutnya kita akan berfikiran untuk memulai perbincangan. Komunikasi, relasi, hubungan itulah yang akan berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat. Orang yang menjalin komunikasi baik akan cenderung selangkah lebih maju dari yang lainnya.

Ramah

Belajar mengenai ilmu sosial memang tidak bisa dipelajari hanya melalui teori saja, tapi praktek yang akan mengajari kita. Salah satu komponen dari ilmu sosial dalam hal komunikasi adalah ramah. Arti dari ramah sendiri sangat banyak, tergantung dari sudut pandang penilainya.

Ramah menurut KBBI berarti baik hati dan menarik budi bahasanya, manis tutur kata dan sikapnya , suka bergaul  dan menyenangkan dalam pergaulan. Dapat dimengerti bahwa ramah memiliki daya pikat terhadap orang lain untuk nyaman ketika bersama.

Ramah memiliki ruang lingkup antara individu dan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dan kelompok. Sering terdengar disekitar kita mengenai pendapat orang terhadap suatu lembaga atau kelompok atas tindakannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun