Depok- Interaksi manusia dan komputer yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.Â
Di era globalisasi ini komputer banyak hal yang dapat dilakukan . Komputer adalah alat yang dapat membantu sebuah pekerjaan lebih cepat dan praktis. Interaksi tersebut banyak diterapkan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan.Â
Manusia sering kali berinteraksi dengan 'komputer'. Komputer sangat berperan penting dalam bidang pendidikan.  Komputer digunakan untuk mengakses informasi dan mempermudah dalam proses belajar dan mengajar. Dan komputer juga bisa meningkatkan kreativitas seseorang dalam hobinya tersebut.
Komputer juga dapat membantu pelajar untuk membuat karya ataupun kreativitas yang dapat dicari melalui internet. Karena itu banyak orang merasa nyaman saat menggunakan komputer. Â Komputer merupakan sarana yang bermanfaat dalam mengekspresikan kreativitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, dapat menggunkan komputer untung mendukung karyanya.Â
Dengan komputer kita dapat menciptakan design kita sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik begitu juga dengan menulis. L
Kita tidak perlu lagi menulis  karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer semua dapat dilaksanakan dengan cepat, teratur dan dibantu oleh beberapa aplikasi seperti Microsoft untuk melatih tulisan dan melatih kemampuan dalam hobi menulis, dan untuk yang hobi dalam menggambar dan design dengan aplikasi canva, photoshop dan lain- lain.
Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal komputer dan sudah banyak orang menggunakannya. Apalagi di era zaman sekarang sudah banyak teknologi yang canggih seperti handphone dan internet yang membantu dalam mengerjakan sesuatu aktivitas. Manfaat komputer dalam bidang "pendidikan ":  Â
- Dengan komputer kita dapat memiliki variasi dalam mengajar pendidikan.
- kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat pengetahuan dengan adanya komputer.
- Â Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi.
- komputer adalah media yang atau alat yang memudahkan suatu pekerjaan .
Manurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan pratek (drill and practice ), model tutorial(tutorials), model penemuan(problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game).Â
Model pembelajaran ini dapat digunakan saat mengajar agar pembelajarannya lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi mereka.
Setiap orang memiliki alasan yang berbeda saat ditanya apa fungsi komputer , jawaban mereka antara lain:
- Mempermudah pekerjaan.