Mohon tunggu...
Siti Nuraeni
Siti Nuraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa PGSD Kampus Sumedang

Siap S.Pd 2021

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Tematik Individu di Masa Pandemi UPI Kampus Sumedang

30 Juni 2020   09:08 Diperbarui: 30 Juni 2020   09:08 41 0 0 Mohon Tunggu...

KKN TEMATIK INDIVIDU DI MASA PANDEMI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS SUMEDANG

Tahun ini KKN dilaksanakan UPI dengan sangat berbeda. Bagaimana tidak, biasanya kegiatan KKN ini dilakukan dengan melakukan pengabdian secara langsung di masyarakat kini KKN dilakukan dengan cara daring di tempat tinggal masing-masing mahasiswa. KKN ini diikuti oleh mahasiswa UPI kampus Sumedang Prodi PGSD dan PGSD Penjas, dimulai dari bulam Mei-Juni 2020.

Alasan pihak kampus tetap melaksanakan kegiatan KKN dengan cara demikian ialah karena jika tidak segera dilakukan maka akan menghambat waktu kelulusan mahasiswa.

KKN kali ini sangat memberikan kesan yang berbeda dengan KKN yang telah dilaksanakan sebelumnya. Bagaimana tidak, KKN ini dilakukan saat pandemic  dan dengan cara daring secara individu di lingkungan tempat tinggal mahasiswa. Dengan demikian juga KKN ini membuat mahasiswa terkait semakin diakui keberadaannya di masyarakat tempat tiggalnya sendiri. Karena tidak bisa dipungkiri KKN ini pasti akan dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar tempat tinggal mahasiswa melakukan KKN.

Jenis kegiatan yang dilakukan pada saat KKN ini juga berkaitan dengan cara pencegahan covid-19 seperti pendataan jumlah penduduk, kondisi ekonomi terdampak Covid-19, orang yang keluar masuk wilayah tempat tinggal dan lain sebagainya. Jadi, melalui KKN mahasiswa akan memberikan edukasi terkait dengan covid-19 serta membantu gugus tugas covid-19 setempat untuk melakukan tugasnya dalam upaya mengentaskan mata rantai covid-19.

Sebagai agen of change mahasiswa mampu bermanfaat di masyarakat tempat tinggalnya melalui KKN. Hal ini dibuktikan dengan hasil kegiatan mereka yang telah menghasilkan ribuan poster untuk mengedukasi masyarakat dan tersebar diberbagai jenis media sosial. Jadi, dalam kondisi apapun mahasiswa mampu bermanfaat untuk sekitar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
30 Juni 2020