Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata: Mengapa Kurikulum Perlu Diadaptasi?

10 Agustus 2022   15:12 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:52 8734 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar| smpn9ambon.sch.id

.......Artikel sebelumnya

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru.

Pada artikel saya yang lalu kita telah mengetahui penyebab dibalik perubahan kurikulum. Bagaimana kurikulum ini bisa terhubung dengan pembelajaran di kelas. Konteks satuan pendidikan yang beragam membuat banyak hal tidak mudah diimplementasikan di kelas.

Itulah sebabnya kurikulum yang ditetapkan secara nasional perlu diadaptasi di tingkat satuan Pendidikan. Kali ini saya akan unggah resume tentang, Mengapa kita perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum sekolah.

Ilustrasi Gambar anak-anak yang tinggal di daerah pegunungan| kompas.com
Ilustrasi Gambar anak-anak yang tinggal di daerah pegunungan| kompas.com

Di mana sekolah kita berada? di tepi pantai ataukah di tengah-tengah perkebunan, di perkotaan yang padat penduduknya ataukan di pedesaan dan sebagainya. Setahun belakangan perubahan apa saja yang terjadi di sekitar sekolah kita? Apakah ada bangunan yang baru didirikan? Apakah ada hal-hal yang mengubah kehidupan guru dan murid di sekolah?

Keadaan Masing-masing Sekolah itu Berbeda

Keadaan sekolah dan sekitar kita memang berbeda-beda. Murid kita pun berbeda-beda. Bisa jadi pembelajaran yang paling berhasil untuk masing-masing murid juga tidak sama. Ada perbedaan lingkungan dan ekosistem sekolah. Perubahan juga terus terjadi di sekitar kita.

Hal-hal itulah yang menjadi alasan mengapa kurikulum dari pemerintah pusat harus melalui proses adaptasi terlebih dahulu. Bentuk adaptasi kurikulum harus sesuai dengan kebutuhan murid-murid di sekolah. Hal ini bisa diterjemahkan dalam kurikulum operasional satuan pendidikan agar memudahkan kita dalam implementasinya.

Lingkungan sekolah yang terletak di tengah perkebunan kopi di kaki gunung, bisa mengadaptasi kurikulumnya. Kalau biasanya guru hanya mengajar sesuai dengan apa yang ada di buku teks, maka untuk menyampaikan pelajaran IPA tentang ekosistem, bisa menggunakan macam-macam hewan yang hidup di sekitar perkebunan, seperti jangkrik, ular, katak dan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan