Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Pelatihan Mandiri dengan Topik Merdeka Belajar

27 Juli 2022   15:40 Diperbarui: 25 September 2022   00:11 65018 23 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar Merdeka Belajar: dipsd.kemdikbud.go.id

Pada artikel kali saya ingin menuliskan beberapa hal terkait aksi nyata yang saya lakukan dalam pelatihan mandiri yang terdapat pada Platform Merdeka Mengajar. Dimana platform ini dikhususkan untuk para pendidik di seluruh Indonesia untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang sangat membantu tugasnya.

Ada 5 modul yang saya pelajari dalam pelatihan dengan Topik Merdeka Belajar, yakni modul 1; Mengenali diri dan perannya sebagai pendidik, modul 2; Mendidik dan mengajar, modul 3; Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh, modul 4; Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti, modul 5; Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

Artikel ini merupakan resume dari modul yang saya pelajari di Platform Merdeka Mengajar tersebut. Artikel ini saya anggit sebagai aksi nyata untuk menularkan pengetahuan kepada para guru terutama yang belum mengikuti pelatihan. Dengan harapan semoga para guru semakin sadar akan perannya dan memiliki niat dan semangat untuk terus mengembangkan diri dalam mengemban tugasnya.

Baiklah, kita akan bahas satu persatu dari kelima modul yang sudah saya sampaikan di atas.

Modul 1: Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Dalam modul 1 ini ada 2 materi yakni; Apa Peran Saya Sebagai Guru dan Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya

Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. 

Sebagai pendidik kita harus tahu apa kekuatan dan kelemahan yang kita miliki, lalu bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan mendidik murid-murid kita.

Guru mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk selalu mengikuti perubahan | Foto: Siti Nazarotin 
Guru mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk selalu mengikuti perubahan | Foto: Siti Nazarotin 

Sebagai contoh: Saat ini kita berada pada era digital. Hal ini juga merambah pada dunia pendidikan. Hampir semua hal dalam dunia pendidikan menggunakan aplikasi dan platform digital. Mau tidak mau sebagai pendidik harus mengikuti perkembangan tersebut. Pendidik harus terus update ilmu terutama tentang perkembangan IT dan komunikasi digital.

1.1 Apa Peran Saya Sebagai Guru/pendidik?

Tidak dipungkiri bahwa peran pendidik amatlah penting bagi perkembangan murid. Sebagai pendidik, kita harus mengetahui peran penting kita dalam dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran yang kita lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan