Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara Keluarga Saya Minum Obat

26 Mei 2022   15:48 Diperbarui: 26 Mei 2022   17:10 209 33 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar anak minum obat: kcparent.com

Obat, apa yang terbersit dalam benak anda ketika mendengar kata "obat"? Bila dengar kata "obat", pikiran yang muncul pastilah rasa tak enak alias pahit dan kita enggan untuk menenggaknya. Karena ingin sembuh, mau tidak mau ya harus minum obat.

Pengalaman Keluarga dalam Minum Obat

Walaupun kata obat bisa diasumsikan pada 2 hal, yakni obat tradisional dan obat kimia, namun dalam tulisan ini, saya lebih memfokuskan pada obat kimia. 

Bicara tentang cara minum obat, teringat keponakan saya yang sangat susah minum obat. Berbagai cara sudah dilakukan orangtuanya, namun hasilnya nihil. Sampai-sampai kakak ipar yang terkenal sangat telaten mengurus anak-anak, turun tangan. 

Ilustrasi gambar anak sulit minum obat: klikdokter.com
Ilustrasi gambar anak sulit minum obat: klikdokter.com

Namun ketika obat sudah berhasil masuk, tetiba oleh keponakan saya, disemburkan keluar. Terkadang sudah masuk beberapa saat dan dikira berhasil, ternyata keponakan  muntah-muntah, akhirnya obatpun ikutan keluar.

Saat itu keponakan saya sakit batuk yang lumayan parah. Karena sama sekali tidak bisa minum obat, membuat badannya tambah kurus. Akhirnya sampai masuk rumah sakit untuk beberapa hari. Pada saat itu, ada semacam rasa kekhawatiran pada keluarga kami, akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menyangkut kesehatannya yang tidak kunjung pulih. Tapi untunglah Allah memberikan kesembuhan.

Topik pilihan yang diberikan Kompasiana tentang bagaimana kebiasaan minum obat, menarik minat saya untuk ikutan menulis. Dengan harapan semoga tulisan saya yang berdasarkan pengalaman keluarga ini bisa menjadi salah satu pilihan anda dalam minum obat.

Memilih Jenis Obat Sesuai dengan Usia

Banyak cara dalam minum obat bisa kita lakukan dan menjadi pilihan. Sebelum saya paparkan kebiasaan keluarga saya minum obat, terlebih dahulu perlu pula saya sampaikan cara kami memilih obat berdasarkan dengan usia, layaknya banyak disarankan oleh tenaga kesehatan.

Untuk Anak-anak, Saya Memilih Obat Berupa Sirup.

Kita tahu bahwa anak-anak sangat sulit minum obat. Agar obat bisa masuk, tentunya kita harus merayunya dengan berbagai cara. Salah satu cara agar anak mau minum obat, ya memilih obat sirup yang relatif mudah, karena memang obat berupa sirup dibuat sedemikian rupa dengan menambahkan rasa manis dengan berbagai rasa yang disukai anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan