Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Es Sirsak Manado

14 November 2021   10:40 Diperbarui: 14 November 2021   14:47 269 42 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Es Sirsak Manado, segarnya menggoda. Foto: Siti Nazarotin

Empat hari yang lalu, tetiba dapat chat dari salah satu rekan kerja. Dia bilang, "Bu, panjenengan mau Sirsak?" Sambil menunjukkan foto sebuah Sirsak ranum yang cukup besar. Katanya baru saja dipetik.

Buah Sirsak ranum dengan berat hampir 3 kilogram, siap dieksekusi menjadi bahan utama Es Sirsak Manado. Foto: Siti Nazarotin
Buah Sirsak ranum dengan berat hampir 3 kilogram, siap dieksekusi menjadi bahan utama Es Sirsak Manado. Foto: Siti Nazarotin

Pantang Menolak Pemberian Orang

Tanpa berpikir panjang, sayapun menjawab. "Maulah." sambil aku selipkan emot nutup mulut tanda malu tapi mau. Kebiasaan saya memang begitu. Pantang menolak rezeki. Jikapun nantinya kita tidak berkenan, bisa kita berikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. 

Pikir saya, orang yang akan memberi kepada kita, tentu akan kecewa bila kita menolaknya. Sebab saya pernah merasakannya. Kita sudah niat memberikan sesuatu namun malah ditolak. Duh, kecewa bingits.

Setengah jam kemudian, teman saya tadi telah sampai di rumah dengan membawa buah Sirsak. Setelah berbasa basi sebentar lalu berpamitan. 

Buah sirsak yang sangat besar dan sudah ranum. Siap dijadikan minuman atau apalah. Tapi belum terpikirkan mau dibuat minuman apa. 

Penasaran kira-kira beratnya berapa, lalu saya timbang. 2 kilo 8 ons. Wow, hampir 3 kilo gram. Tampilannya sangat fresh dan menarik. Saya foto dan saya share di grup WhatsApp penulis yang saya ikuti. Saya bertanya kepada teman-teman, kira-kira dibikin apa ya sirsak ini?

Ide Muncul Dari Mbak Dewi Leyly

Beberapa jawaban muncul. Ada yang bilang dirucuh (stup), ada yang bilang dimakan begitu saja. Terakhir ada Mbak Dewi Leyly si Peri Gigi menjawab, "dibikin Es Sirsak Manado saja, Bu Naz."

Secepat kilat sayapun browsing mencari resep Es Sirsak Manado. Mempelajari dan mereka-reka, kira-kira bisakah saya mempraktikkannya?

Beberapa resep saya baca, tentu saya padu padankan sesuai dengan bahan yang ada. Terutama untuk isiannya. Tentunya bisa divariasikan sesuai dengan kesukaan masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan