Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Begini Caranya Bikin Sambal Mangga yang Enak

2 November 2021   20:04 Diperbarui: 4 November 2021   04:58 334 32 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sambal mangga, maknyus. Foto: Siti Nazarotin

Sudah pernah menikmati sambal mangga? Sambal mangganya bikin sendiri atau dikasih? Mau dikasih atau mau masak sendiri, sama-sama enak. Tapi kalau saya bilang, menikmati masakan sendiri apapun resepnya, akan terasa sangat berkesan dan puas. Suatu keasyikan tersendiri, gitu.

Jombang Kota Kenangan, Pertama Kali Menikmati Sambal Mangga

Adapun dengan sambal mangga, pertama kali menikmatinya sewaktu bertandang ke rumah teman di daerah Jombang untuk suatu kepentingan. Saat itu saya datang bersama rombongan. Sesama teman seprofesi. Tibalah waktu makan siang, si empunya rumah sangat tanggap, jika tamunya sedang melilit kelaparan. 

Kebetulan memang ada hajatan keluarga. Segeralah makanan terhidang. Sontak mata saya tertuju pada sesuatu yang agak asing, sebuah cobek ukuran kecil berisi semacam sambal tapi saya belum tahu itu namanya sambal apa. Sayapun berbisik pada salah satu teman yang duduk di samping saya.

Teman saya bilang bahwa yang saya maksud itu adalah sambal mangga. Maka tak ayal saya semakin penasaran dan menyegerakan ambil piring untuk makan dan mencicipi sambal mangga tersebut.

Beuh. Suap demi suap tak terasa, nasi di piring saya telah tandas dengan sempurna. Mata saya berbinar pertanda sangat menikmati kelezatan sambal mangga. Sambal yang unik, menurut saya begitu. Unik tapi lezat. 

Kali kedua menikmati sambal mangga, masih berhubungan dengan Jombang. Iya, ada seorang teman yang asli Jombang, teman saya itu membawa sambal mangga ke sekolah. Satu kata meluncur dari mulut saya. "Lezat."

Dari situlah saya menjadi terserang penyakit penasaran lumayan parahnya. Terbesit niat untuk mempraktikkannya. Saya kumpulkanlah beberapa info terkait sambal mangga tersebut.

Info dari pembuatnya langsung, sudah saya dapatkan. Berselancar di mesin pencarian dengan mengeklik kata kunci "sambal mangga", banyak saya lakukan. Melihat video memasak, tak ketinggalan.

Pada akhirnya saya sudah dua kali mempraktikkan sambal mangga tersebut. Apakah saya berhasil? Iya sih, saya berhasil. Namun tingkat keberhasilannya masih belum 100 %. Dari segi bahan, sudah sesuai dengan resep. Dari segi rasa, masih kurang maknyus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan