Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Resep Soto Ayam Lamongan

11 Oktober 2021   20:30 Diperbarui: 29 Oktober 2021   19:51 845 31 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Soto Ayam Lamongan| Foto: Siti Nazarotin

Soto, siapa sih yang tak kenal dengan masakan yang satu ini, mulai dari anak kecil sampai orang tua, pastilah kenal. 

Soto adalah masakan yang sudah sangat familier, bahkan soto sering dijadikan menu utama dalam setiap hajatan, baik itu hajatan kecil-kecilan maupun hajatan skala besar.

Soto, Masakan Segala Usia

Soto adalah masakan yang bisa dibilang murah dan meriah. Mengapa saya katakan demikian? Karena dalam penyajiannya, biasanya hanya menggunakan suwiran daging kecil-kecil saja. Istilahnya babar (1 kg daging ayam bisa menjadi 10 - 15 porsi lebih, tergantung berapa banyak kita memberikan dagingnya).

Karena isian dari soto tergolong banyak macamnya inilah yang membuat soto bisa disajikan sesuai dengan kebutuhan. Artinya bila untuk banyak porsi (undangan), tinggal menambahkan kuah saja, sedangkan dagingnya bisa dikurangi.

Beda kalau masakan daging yang dimasak dan disajikan dengan bentuk utuhan (tidak disuwir), maka bila porsi (undangannya nambah) kita tidak bisa menyiasatinya secara mendadak. 

Masakan berkuah ini bisa dibilang pula, masakan segala usia. Anak kecil bisa menikmati dengan cara disajikan tanpa sambal. Sedangkan untuk orang dewasa, soto disajikan dengan cara menambahkan sambal. Bagi yang tidak suka salah satu dari toping, makan tinggal menyisihkan saja. Pokoknya sesuai dengan kebutuhan.

Nah, salah satu soto yang cukup familier adalah Soto Ayam Lamongan. Tentu Anda tahu bahwa Lamongan adalah sebuah kabupaten di wilayah provinsi Jawa Timur bagian utara, atau lebih dikenal dengan jalur Pantura (Pantai Utara). 

Daerah Lamongan yang sebagian besar kawasannya terdiri dari tambak (tempat memelihara ikan) pun berdekatan dengan laut, membuat cuaca kota Lamongan lumayan panas. Hal inilah yang mempengaruhi pengolahan masakannya. 

Bila masakan yang berkuah, maka pilihannya adalah kuah bening tanpa santan. Eh, kita lanjutkan pembahasannya kepada resep saja ya. 

Berikut resep Soto Ayam Lamongan yang sudah berhasil saya rilis dan siap dibagikan kepada Anda.

Soto Ayam Lamongan

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 kg daging ayam
  • 3 batang serai, memarkan
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1/2 buah pala, memarkan
  • 1 batang daun bawang, potong kasar
  • 2 batang seledri, simpulkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan