Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jajanan Tradisional Ini Di Daerah Saya Dinamai "Kemplang"

15 Juli 2021   21:36 Diperbarui: 16 Juli 2021   02:55 483 31 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jajanan Tradisional Ini Di Daerah Saya Dinamai "Kemplang"
Kue Kemplang atau Getas Ketan | Foto: Siti Nazarotin

Kemplang menurut wikipedia adalah sebuah krupuk ikan yang umum ditemukan di belahan selatan Sumatra, Indonesia. Kerupuk kemplang umumnya terbuat dari ikan tenggiri, yang dicampur dengan tepung tapioka dan penyedap rasa lain, dikeringkan dan kemudian dipanggang atau digoreng. (Wikipedia)

Lain daerah, sering kita dapati, lain pula dalam menamai sesuatu. Misalnya saja, "punten" di daerah Jawa Timur berarti makanan yang berasal dari beras, ditanak dengan diberi santan dan garam lalu dihaluskan, dan disajikan dengan cara dipotong-potong, berteman pecel.

Sementara, "punten", di daerah Jawa Barat, berarti "permisi".

Begitu juga dengan "Kemplang"  Di daerah Palembang atau sebagian besar daerah Sumatera, diartikan sebagai krupuk berbahan dasar tenggiri.

Jajanan Tradisional ini di Daerah Saya, Dinamai Kemplang

Sementara, di daerah Jawa Timur "kemplang" adalah nama jajanan tradisional berbahan dasar tepung ketan dicampur dengan santan dan parutan kelapa, dibentuk bulat lonjong atau sesuai dengan selera, digoreng dan dibalut dengan gula karamel (salut).

Sedangkan krupuk tenggiri yang disebut sebagai "kempalng" di Palembang, kalau di Jawa Timur disebut "amplang'. Tuh, jadi bingung kan?

Kemplang (baca: versi Jawa Timur) ini, ada yang menyebut getas ketan, ada pula yang menyebut gemblong. Jajanan tradisional yang sudah ada puluhan tahun yang lalu ini, Sampai kinipun masih tetap eksis.

Seumur-umur, baru pertama kalinya saya membuatnya. Semenjak menulis berbagai resep masakan, yang sekaligus mempraktikkannya, membuat saya semakin rajin memasak, semakin rajin mengulik resep-resep baru, walaupun masih terbatas resep yang sederhana.

Jajanan yang pernah saya makan, namun saya belum pernah membuat sendiri, mendorong saya untuk mencoba mempraktikkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan