Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Gudeg Yogya dan Kenangan Menginap di MAN Bantul

6 Juni 2021   14:18 Diperbarui: 6 Juni 2021   22:04 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gudeg Jogja | Foto: Siti Nazarotin

Kapan hari, di grup KPB,  Mbak Muthiah, seorang kompasianer senior, mengunggah gambar gudeg Yogya. Tetiba air liur mau keluar. Ups, untung belum keluar.

Pertama Kali Makan Gudeg Yogya, Saat Rekreasi Bersama Teman SMA.

Saya jadi teringat pertama kali makan gudeg Yogya. Pertama kali dan setelahnya belum berkesempatan menikmatinya lagi.

Pertama kali saya merasakan masakan gudeg, ketika rekreasi bersama teman SMA, sekitar tahun 1990 an lalu. Saat itu rombongan kami mengadakan study tour keliling kota Yogyakarta.

Karena ada beberapa obyek wisata yang dikunjungi dalam kota Yogyakarta, akhirnya rombongan kami, menginap semalam di MAN Bantul Yogyakarta, agaknya panitia study tour sekolah kami, telah menghubungi pihak MAN Bantul untuk diizinkan menginap. Karena tiba di sana, kami disambut dengan suka cita.  

Kedatangan kami disuguhi beberapa pentas seni dari siswa-siswi MAN Bantul, pun dari rombongan kami ada juga yang tampil menghibur.

Kami dijamu dengan masakan gudeg Yogya, di mana pada saat itu masih sangat asing bagi rombongan kami dari Jawa Timur. Karena setahu kami, nangka muda atau tewel itu, dimasak pedas atau kuning. Sementara gudeg Yogya ini, nangka muda dimasak santan dan rasanya dominan manis.

Tetiba saya ingin memasaknya sendiri. Untung tukang sayur langganan saya, selalu membawa bermacam-macam sayuran, termasuk nangka muda.

Maka hari ini sayapun berhasil mempraktikkan resep gudeg Yogya yang saya sadur dari beberapa akun youtube, tentunya saya modifikasi, saya sesuaikan dengan bahan dan bumbu yang tersedia. Kalau anda ingin mencoba resep yang sudah saya praktikkan hari ini, sila ikuti tulisan saya berikut ini sampai selesai.

Resep Gudeg Yogya Ala Saya

Bahan untuk membuat gudeg jogja | Foto: Siti Nazarotin
Bahan untuk membuat gudeg jogja | Foto: Siti Nazarotin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun