Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Buntil Daun Singkong Pindang Salem

3 Januari 2021   11:55 Diperbarui: 3 Januari 2021   14:44 1040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buntil Daun Singkong Pindang Salem | Foto: Siti Nazarotin

BEBERAPA minggu yang lalu tepatnya tanggal 11 Desember 2020 saya kirim gambar makanan yaitu Oseng Daun Singkong Teri ke grup WA Kompasianer Penulis Berbalas (KPB), seperti biasanya teman-teman selalu berkomentar macam-macam. Salah satu komentar tersebut yang masih saya ingat, saya disarankan untuk membuat Buntil Daun Singkong. Ya, komentar ini dari Kompasianer senior yaitu Mbak Muthiah Alhasany. Artikel Oseng Daun Singkong Teri bisa dibaca di sini

Menjawab Tantangan dari Mbak Muthiah Alhasany.

Semacam mendapat tantangan gitu, dalam hati saya berjanji, semoga saya bisa mempraktikkan. Dan hari inilah saya berhasil menjawab tantangan tersebut.

Hai Mbak Muthi'! Terima kasih atas tantangannya ya. Saya menjadi terpacu untuk mewujudkan sekaligus bisa menjadi ide menulis saya hari ini. Saya tunggu tantangan berikutnya. Boleh juga dari Kompasianer yang lain. Tapi tantangannya jangan sulit-sulit lo. Nanti saya kewalahan sehingga takbisa memenuhinya. He he he.

Selanjutnya silakan diikuti tahap demi tahap membuat Buntil Daun Singkong Pindangnya ya.

Resep Buntil Daun Singkong Pindang Salem.


Foto: Siti Nazarotin
Foto: Siti Nazarotin
Daun sereh untuk mengikat Buntil | Foto: Siti Nazarotin
Daun sereh untuk mengikat Buntil | Foto: Siti Nazarotin
Bahan-bahan:

60 lembar daun singkong (pilih yang lebar)
6 ekor pindang (ukuran sedang), ambil dagingnya saja dan suwir kecil-kecil.
250 kelapa parut
750 ml santan kental
12 siung bawang merah
6 siung bawang putih
30 buah cabe rawit
4 buah cabe merah
1/4 ruas kencur
1/2 ruas lengkuas
1/2 ruas kunyit
5 butir kemiri
3 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya
28 lembar daun sereh (untuk tali, bisa juga memakai benang kasur)


Cara Membuat:

1. Rebus daun singkong selama 10 menit, tiriskan (biarkan lembarannya utuh).

2. Blender semua bumbu kecuali daun salam dan daun jeruk purut (waktu memblender bisa ditambahkan air).

3. Tumis bumbu yang sudah diblender sampai air blenderan habis, beri 5 sdm minyak goreng, tumis kembali sampai harum, tambahkan gula,  garam dan kaldu bubuk, sisihkan separo atau lebih banyak bumbu yang sudah ditumis.

4. Campurkan kelapa parut, pindang suwir dalam bumbu yang tersisa di wajan, tumis hingga semua bahan tercampur, cek rasa, pindahkan ke dalam wadah lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun