Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru

Dunia jadi indah karena kata-kata, maka rangkailah kata sebaik dan sejujur mungkin

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Trancam, Makanan Pelengkap yang Menggugah Selera

10 Maret 2020   07:16 Diperbarui: 10 Maret 2020   07:31 134 17 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Trancam, Makanan Pelengkap yang Menggugah Selera
Sumber: cookpad.com

Pada setiap ada acara,  apapun itu, sesi makan adalah sesi yang dinanti-nanti. Sesi yang menyenangkan.Oleh karena itu, peyelenggara acara sudah barang tentu, mempersiapkannya dengan matang jauh-jauh hari sebelumnya.

Menu apa saja yang akan disajikan. Mulai dari nasi, sayur, lauk, buah, kue serta camilan tambahan lainnya.

Baik itu acara skala besar maupun skala kecil. Acara kantor, organisasi, reuni, hajatan, maupun acara lainnya. Acara resmi maupun acara santai.

Hal ini dikarenakan untuk menghindari rasa kecewa dari tamu undangan terhadap makanan yang tersaji, apabila menu, rasa dan kelengkapannya belum maksimal jika tidak disiapkan dengan baik.

Selain itu, kita juga akan merasa puas apabila makanan yang tersaji membuat para tamu berselera. Syaratnya, kita perlu jeli dalam memilih makanan yang tepat untuk acara yang digelar.

Termasuk siapa tamu undangannya dan kapan acara itu digelar. Hal ini yang nantinya akan menentukan menu apa yang tepat untuk disajikan.

Nah, dari sekian menu yang menarik untuk disajikan dan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan, ada satu nama yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Trancam. Trancam bukan berarti sedang dalam situasi berbahaya loh.

Trancam adalah salah satu nama makanan yang digemari masyarakat, terutama ibu-ibu. Trancam adalah nama  makanan tambahan (mirip urap-urap) yang terdiri dari sayuran mentah dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbuhi.

Trancam biasanya dimakan bersama nasi putih, nasi ampok dan bisa juga nasi tiwul.

Membuat trancam sangatlah mudah. Seperti kita membuat urap-urap. Bedanya, kalau urap-urap sayurannya direbus dulu, tetapi kalau trancam, sayurannya mentah semua.

Sayuran yang biasa digunakan dalam trancam misalnya: Mentimun, Taoge, Daun Kemangi, Kacang Panjang, Lamtoro, Daun Kenikir, Daun Beluntas dan lain-lain.

Trancam, biasanya dijadikan sayur pelengkap, mendampingi sayur lainnya, seperti sayur lodeh, sambal goreng, oseng-oseng dan lain-lain.

Meskipun keberadaannya  sebagai pelengkap/tambahan, namun sering dicari karena rasanya enak, gurih, segar, pedas dan manisnya berpadu, ditambah aroma daun jeruk purut dan kencur sangat menggugah selera bagi sesiapa yang melihat dan mencium bau trancam ini. Terasa air liur mau keluar untuk segera menikmati.

Bagi pembaca yang masih asing dengan makanan ini, ada baiknya menyimak cara-cara dan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat trancam.

Adapun bahan dan cara membuat trancam adalah:

A. Bahan-bahan (di sini kita memakai 4 macam sayuran saja, boleh ditambah sesuai selera): 1 ons taoge, 2 ons kacang panjang, 2 buah mentimun ukuran sedang, 1 ikat kemangi, 1/2 kelapa parut (yang agak muda)

B. Bumbu yang dihaluskan: 3 siung bawang putih, 5 buah cabe rawit, 1 buah cabe merah, kencur 1/2 ruas jari, 2 lembar daun jeruk purut, sedikit asam jawa, gula merah dan garam secukupnya.

C. Cara membuat:
1. Bersihkan semua bahan A
2. Rajang mentimun berbentuk kotak-kotak kecil.
3. Rajang kacang panjang kecil-kecil
4. Haluskan semua bahan B.
5. Campur parutan kelapa dengan bumbu yang telah dihaluskan
6. Campur semua sayuran (bahan A) dengan bumbu kelapa.
7. Bisa ditambah dengan sedikit air putih.
8. Trancam siap disajikan

Adapun manfaat dari sayuran yang ada dalam Trancam bagi kesehatan antara lain, seperti dirilis dari (bacaterus.com) yaitu:

1. Meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Kandungan nutrisi yang ada dalam taoge yang dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sperma bagi laki-laki dan menguatkan rahim bagi perempuan.

2. Mencegah tekanan darah tinggi.
Zat kalium yang terkandung dalam mentimun sangatlah berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

3. Mencegah bau mulut
Daun kemangi memiliki aroma yang cukup khas, tentunya aroma wangi. Aroma inilah yang dapat mencegah bau mulut setelah mengonsumsi sate kambing ataupun lele bakar.

Bahkan para ahli juga sepakat, kemangi mengandung antibakterial yang dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang.

Wah, ternyata selain enak dilidah, banyak pula manfaatnya bagi kesehatan  ya.

Nah, begitulah cara membuat trancam. Dengan tambahan trancam, semoga makanan yang kita sajikan menjadi lebih nikmat dan istimewa.

Semoga bermanfaat.


Siti Nazarotin
Blitar, 10 Maret 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x