Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru

Dunia jadi indah karena kata-kata, maka rangkailah kata sebaik dan sejujur mungkin

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bertempat di RTH Kanigoro, Lomba Melukis Tahun Ini Berbeda

14 Agustus 2019   16:46 Diperbarui: 14 Agustus 2019   17:04 0 11 2 Mohon Tunggu...
Bertempat di RTH Kanigoro, Lomba Melukis Tahun Ini Berbeda
Dok.pri

Hari ini (14/08) panitia lomba HUT RI ke-74 Kecamatan Kanigoro menyelenggarakan lomba melukis tingkat SD dengan tema "Memperingati Hari Kemerdekaan".Diikuti oleh sekitar 24 peserta dari lembaga SD yang ada di Kecamatan Kanigoro. Ada yang berbeda dengan penyelenggaraan kali ini. Kalau tahun-tahun yang lalu bertempat di ruangan namun kali ini bertempat di ruangan terbuka yakni RTH (Ruang Tampak Hijau) Kanigoro.

Saat Technikal Meeting, Bapak Totok sebagai koordinator lomba seni menyampaikan bahwa tujuan kita menggunakan  RTH sebagai tempat penyelenggaraan lomba lukis adalah untuk memperkenalkan kepada anak-anak bahwa di wilayah kita ada tempat baru yaitu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata baru.

Salah satu sudut RTH/dok.pri
Salah satu sudut RTH/dok.pri
Lomba melukis dimulai sejak jam 08.00 dan selesai jam 12.00. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang dengan menyetorkan biodata lengkap beserta data pendukungnya yaitu akte kelahiran. Karena persyaratan lomba seni kali ini dibatasi umurnya yaitu maksimal per Januari 2008.

Persyaratan lomba dengan menyetorkan akte kelahiran terkesan ribet, namun masih menurut panitia, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang akan timbul yang tidak diinginkan di kemudian hari kaitannya dengan data anak.

Pun persyaratan yang harus diikuti peserta lomba lukis dan lomba seni yang lainnya adalah, peserta tidak boleh meninggalkan tepat saat pengumuman lomba dibacakan. Hal tersebut dilakukan karena selama ini yang sering dilakukan para peserta adalah setelah tampil atau menyelesaikan tugas lombanya, mereka pulang dan saat diumumkan kejuaraan sudah tidak ada orang sama sekali, baik peserta maupun pendamping semuanya sudah meninggalkan tempat.

Hal ini menurut panitia, sangat mengurangi kemeriahan lomba itu sendiri. Saat pengumuman yang masih bertahan hanya panitia dan juri, sehingga pengumuman kejuaraanpun akhirnya urung dibacakan. Menurutku hal tersebut baik saja dilakukan asalkan peserta dan pendamping memiliki semangat dan greget serta sportif maka hal tersebut bisa diwujudkan

Ada satu lagi yang agak ekstrim dan berbau ancaman menurutku, bahwa kalau peserta  maupun pendamping tidak ada di tempat saat pengumuman kejuaraan dan kebetula ia yang juara, maka kejuaraan akan diganti dengan peringkat di bawahnya. Wah ekstrim kan.... Namun saya yakin hal ini dilakukan bertujuan baik yaitu untuk mendisiplinkan peserta lomba dan pendampingnya.

Saat pengumumanpun tiba, peserta dan pendamping berdebar-debar menunggu. Berharap namanya disebut sebagai salah satu pemenang. Perlu diketahui bahwa keseluruhan lomba akan diambil kejuaraan 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3. Pemenang akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari panitia.

Para pemenang berpose bersama/dok.pri
Para pemenang berpose bersama/dok.pri
Daaan inilah hasil lomba hari ini:Juara 1 SDI Aisyiyah Jatinom
Juara 2 SDN Kanigoro 03
Juara 3 SDN Sawentar 02

Juara Harapan 1 SDN Gogodeso 01
Juara Harapan 2 SD Plus Sunan Pandanaran
Juara Harapan 3 SDN Kanigoro 04

Selamat buat para pemenang dan tetap semangat bagi yang belum berhasil. Kalian adalah anak-anak hebat.

Siti Nazarotin
Blitar, 14 Agustus 2019

VIDEO PILIHAN