Gayahidup

4 Jenis Temperamen

13 Februari 2018   11:29 Diperbarui: 13 Februari 2018   12:34 206 1 0

Pernah dengar istilah temprament atau karakter? Mungkin lebih sering karakter kali yah.Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi dan belajar tentang Pengantar Psikologi bikinsaya cukup tertarik dengan pengetahuan komunikasi interpersonal (red: face to face communication).Saya mulai belajar dari golongan darah, posisi tidur, dan mimik muka saat berbicara. Setidaknya saya butuh waktu berkomunikasi aktif selama 1 minggu penuh untuk tahu si lawan bicara punya karakter apa.

Bicara soal karakter, sebenernya manusia punya masing-masing 4 karakter ini tapi ada yang lebih dominan minimal 1 karakter atau 2 karakter.

1. Koleris

Biasanya karakter yang dimiliki para pemimpin atau punya jiwa kepemimpinan. Sifatnya yang memiliki kemauan keras mencapai sesuatu membuatnya bisa membawa orang atau beberapa orang mencapai tujuannya. Hanya saja semangatnya yang terlalu berapi-api kadang bikin para koleris tidak terlalu punya teman dekat.

2. Pleghmatis

Pribadi yang cukup pendiam ini juga salah satu karakter pribadi yang tidak punya banyak teman dekat. Karakter yanv cukup introvert ini juga bisa dijadkkan teman curhat loh karena sifatnya yang cuekdan dirasa mampu menjaga rahasia temannya.

3. Melankolis

Kalau kamu merasa punya punya jiwa seni yang tinggi dan juga introvert berarti kamu punya karakter ini. Salah satu pribadi yang cukup perasa dan ingin jadi pusat perhatian alias orang harus tahu kalau beliau sedang sedih atau tidak baik dan butuh perhatian lebih.

4. Sanguinis

Ini dia karakter yang sering disebut penipu ulung. Kenapa? Karena karakter ini sangat pintar dalam hal menyrmbunyikan perasaannya, terutama perasaan sedih, kecewa, bahkan terluka. Karakter ini sangat periang, sakinh periangnya bisa menyembunyikan perasaan sedihnya itu. Kamu punya karakter ini kalau kamu tipe orang yang selalu ingin didepan, dilihat banyak orang, populer dan bisa mencairkan suasana. Tapi kekurangannya ada satu lagi nih,karena sifatnya periang itu mereka kadang dibenci para pleghmatis karena sering tidak lihat situasi kalau lagi senang-senangnya. 

Sudah tahu dong kamu punya karakter/temprament yang mana.