Mohon tunggu...
Siti Rohmah
Siti Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Masih belajar terus

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mencegah Covid-19 dengan Minum Rempah-rempah Ala KKN Tematik Covid-19

30 Juni 2020   20:10 Diperbarui: 30 Juni 2020   20:08 5 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia melaksakan kegiatan KKN Tematik Covid-19 yang dilakukan mahasiswa secara individu dan daring. KKN ini dilakukan dari rumah masing-masing mahasiswa dengana melaksanakan berbagai program yang telah yang telah ditetapkan pihak Universitas.

Salah satu contohnya kegiatan KKN Tematik Covid-19  dilakukan di Kp. Purwasedar II RT 002 RW 001 Desa Padajaya Kecamatan Jampangkulon Kabupaten Sukabumi. Di kampung ini dilaksanakan kegiatan KKN dengan program pendataan penduduk, edukasi pencegahan Covid-19 untuk siswa dan masyarakat.

Untuk melaksanakan pendataan penduduk dilakukan kerjasama dengan pihak RT dan desa sementara untuk pelaksanaan edukasi siswa melibatkan siswa yang berada di sekitar rumah dengan memberikan beberapa edukasi pemahaman covid-19 melalui pembuatan cerita berbentuk digital, poster edukasi, dan video edukasi yang di sebarkan melalui media sosial whatsapp, youtube dan intagram.

Sementara untuk edukasi masyarakat dilaksanakan berbagai kegiatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 seperti pembuatan poster edukasi yang disebar di media sosial, pembuatan APD berupa masker yang diberikan kepada warga di sekitar dan juga pembuatan video edukasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satu video edukasi pencegahan covid-19 adalah pembuatan empon-empon. Empon-empon ini sebagai minuman herbal dari berbagai jenis rempah-rempah yang ada di sekitar rumah. Minuman ini terbuat dari kunyit, sereh, jahe, gula, asam jawa kayu manis yang direbus menggunakan air sekitar 10 menit. Minuman ini kaya akan manfaat, apalagi di masa pandemik ini kita wajib meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terkena virus covid-19.

Minuman ini dapat diberikan kepada semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Dalam pembuatan minuman ini terbilang cukup mudah dan bahan yang diperlukan mudah di dapatkan. Dari beberapa anak-anak yang meminum empon-empon ini menyatakan awalnya rasanya aneh namun setelah beberapa kali meminum, rasanya membuat ketagihan.

Untuk itu ditengah pandemik Covid-19 kita bisa membuat minuman ini sebagai salah satu upaya kita meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terkena virus Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x