Mohon tunggu...
Siti Maryam
Siti Maryam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Daarut Tauhiid yang bercita cita menjadi pengusaha syariah

Gardening and handycraf

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menjadi Sebaik-baik Manusia

6 Desember 2022   10:40 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:48 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Manusia sebagai makhluk Allah memiliki tugas yang utama yaitu beribadah kepada Allah sebagai sang khaliq . Beribadah berarti penghambaan seorang  makhluk kepada sang khaliq. Bentuk-bentuk beribadah pun banyak macamnya, diantara nya sholat, puasa, zakat, berbuat baik dan lain-lain. Sifat dari ibadah ada yang habluminallah yaitu ibadah yang langsung hubungannya dengan Allah seperti sholat. Adapun hablumninannas yakni ibadah yang berhubungan dengan manusia salah satu contohnya yaitu bermanfaat bagi yang lain. Bermanfaat bagi yang lain merupakan salah satu ibadah yang mudah namun Allah menyukainya. Sesuatu yang Allah sukai jika dikerjakan maka akan melahirkan keridha-an Allah terhadap yang melakukan.

Seorang yang memiliki keimanan terhadap Allah maka ia akan akan menebar manfaat sebanyak mungkin untuk mendapatkan kecintaan Allah terhadapnya. Karena pada hakikatnya, apa yang dilakukan oleh seseorang adalah bumerang bagi dirinya sendiri. Jika kebaikan yang dilakukan maka kebaikan pula yang akan di dapatkan. Begitupun sebaliknya, jika keburukan yang dilakukan maka keburukan pula yang akan didapatkan. Walaupun kebaikan atau keburukan bukan didapat dari orang yang sama.

"jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri " (Qs. Al-isra':7)

Menebar manfaat artinya memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain. Manfaat yang di berikan bukan hanya sekedar harta dan benda melainkan sesuatu yang kita kerjakan yang bisa memberi motivasi untuk berbuat baik pada orang lain juga termasuk manfaat. Memberikan kebahagian kepada orang lain, membantu orang lain saat  kesusahan, memberikan pengetahuan pada orang lain pun termasuk kedalam menebar manfaat. Dengan kata lain, menebar manfaat adalah memberikan sesuatu yang berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

Kehidupan manusia di dunia ini hanyalah sementara, sesuai dengan firman Allah dalam Qs. Ali-Imran (3) : 185

... (185)

"Setiap yang bernyawa pasti merasakan mati..." 

Oleh karena itu, akan ada perjalanan selanjutnya yaitu alam akhirat. Tentunya untuk menghadapi perjalanan panjang selanjutnya, maka diperlukan bekal yang harus dipersiapkan di dunia ini. Bekal yang dimaksud disini adalah amal ibadah. Menebar kebaikan merupakan salah satu amal ibadah yang akan memperoleh pahala jika melakukannya dengan keikhlasan karna Allah Swt. Sungguh maha baiknya Allah, Ketika seseorang menebar manfaat didunia maka ia akan memperoleh balasan bukan hanya di dunia saja melainkan di akhirat juga. Jadi akhirat adalah tempat memanen apa yang telah kita tebar di dunia.

Menebar manfaat juga merupakan salah satu cara bersyukur seorang hamba terhadap apa yang telah di berikan allah kepadanya. Karena salah satu cara bersyukur adalah  menggunakan apa yang sudah diberikan dengan sebaik mungkin. Dengan bersyukur juga Allah akan menambahkan nikmatnya. Sesuai dengan janji allah dalam Qs. Ibrahim ayat 7

...

"sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun