Mohon tunggu...
Siti Marizqy Salsabilla
Siti Marizqy Salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Tata Busana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Mewujudkan Bisnis Impian pada Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   09:04 Diperbarui: 30 Juli 2021   09:59 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Mewujudkan Bisnis Impian pada Masa Pandemi Covid-19
Gambar 1. Produk Aloeflora (Dokpri, screenshot IG aloeflora.id)

Mewujudkan impian merupakan sumber kebahagian yang menjadi target dalam menjalani kehidupan ini. Setiap orang pasti memiliki impiannya masing-masing. Untuk mewujudkannya ia akan berusaha dan berjuang hingga mimpi itu menjadi nyata.

Selama Indonesia dilanda oleh pandemi Covid-19, banyak sekali cerita dan perubahan yang terjadi pada negeri ini. Masyarakat sedang di uji dari segi kesehatan, sosial, pendidikan serta ekonomi karena mengalami perubahan kebiasaan yang cukup signifikan. Dampak pandemi membuat kondisi kehidupan tidak menentu, harapan untuk meraih mimpi pun akhirnya mengalami berbagai macam kendala bahkan ada pula yang pupus begitu saja. Perubahan yang terjadi di berbagai sisi membuat masyarakat terpaksa untuk memutar-balikkan otak, mencari solusi yang terbaik untuk dapat memenuhi dan menjalani kehidupan mereka masing-masing.

Permasalahan pada sisi ekonomi merupakan salah satu permasalahan besar yang dialami oleh banyak orang sepanjang pandemi ini. Seringkali kita pun akan merasa lelah dan putus asa jika sudah tersudut dengan masalah yang berat terlebih lagi pada segi ekonomi. Tetapi berbeda dengan apa yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia satu ini. Bermula semenjak masuknya Covid-19 ke Indonesia pada bulan Maret 2020 yang membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Putri Lestari, seorang mahasiswa Pendidikan Seni Rupa yang sedang menjalani perkuliahan di semester 5 pada saat itu merasakan dampak yang terjadi dari pandemi, baik dalam segi pendidikan dan juga ekonomi. Namun sisi baiknya, dampak ini tidak membuatnya putus asa dalam meraih mimpi dan malah memberikan banyak ide kepada perempuan kelahiran 1999 di kota Sragen ini.

Saat orang lain mungkin merasa terjebak, Putri dapat membalikkan keadaan dengan memberanikan diri untuk mewujudkan impiannya. Semenjak diberlakukannya sistem daring pada perkuliahan, Putri kembali ke rumah orangtuanya di Kota Sukabumi setelah merantau di Bandung dan mulai menjalankan bisnisnya. Pada akhir Juli tahun 2020, Putri Lestari memutuskan untuk membuat mimpinya menjadi nyata yakni mendirikan usaha yang berasal dari salah satu hobinya yaitu dekorator bunga (florist).

" Aku memiliki ide untuk mengkombinasikan seni dengan bunga melalui hobiku, sehingga menjadi sebuah pekerjaan yang aku sukai. Karena itu merupakan salah satu impianku di masa depan yakni menjadikan hobi sebagai pekerjaan," terangnya mengenai alasan ia memilih menjadi seorang florist dalam wawancara mengenai usahanya.

Bisnis dekorasi bunga yang didirikan oleh Putri ini merupakan jenis gift shop yang menawarkan berbagai macam produk rangkaian bunga dengan bunga jenis dried, preserved dan pressed flowers seperti:

  1. Hand Bouquet, yakni buket bunga tangan,
  2. Bloom Box, yakni rangkaian bunga di dalam box yang dibalut dengan mika transparant,
  3. Secret Box, yakni rangkaian bunga di dalam kotak rahasia dan dipadukan dengan costum drawing, dan
  4. Acryflo, yakni kerajinan seni lukis di atas akrilik yang dihiasi dengan rangkaian bunga yang indah.

Perbedaan yang unik dari flower gift shop lainnya, Aloeflora yang merupakan nama dari bisnis dekorasi bunga ini menawarkan pula gambar ilustrasi wajah yang sangat memukau  dan lettering sesuai dengan keinginan customer.

Jika dilihat dari peluang bisnis yang terjadi, usaha ini memiliki peluang besar pada masa pandemi. Semenjak diberlakukannya aturan pemerintah tentang meminimalisir mobilitas dan menghindari adanya kerumunan, masyarakat kesulitan untuk bertemu secara langsung pada acara atau hari istimewa mereka, seperti ulang tahun, hari pernikahan, hari kelulusan dan hari istimewa lainya. Untuk itu Aloeflora dapat membantu dengan mengirimkan hadiah untuk mewakili perasaan mereka jika tak dapat menghadiri suatu acara atau hari istimewa tersebut. Aloeflora kini merupakan UMK yang sudah berjalan 1 tahun dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook dan Mosselo dengan username @Aloeflora.id .

Gambar 2. Instagram Aloeflora.id (Dokpri, screenshot IG aloeflora.id)
Gambar 2. Instagram Aloeflora.id (Dokpri, screenshot IG aloeflora.id)

Saat ditanya bagaimana cara memulai bisnis impiannya, Putri menjelaskan bahwa semuanya butuh keberanian, selalu berpikir positif, optimis dan semua yang dilakukan harus berawal dari hati. "Seperti motto hidupku yakni, 'pekerjaan yang menyenangkan yaitu hobi yang dibayar' dan selain itu aku bermimpi memiliki usaha yang dapat membuat orang bahagia" tegas Putri.

Melihat dari karakteristik Putri yang memiliki jiwa entrepreneur yang baik ini, kita dapat mempelajari bahwa seseorang selalu dapat mencari peluang dan berpikir positif serta optimis walaupun sedang mengalami berbagai macam ujian selama pandemi Covid-19 ini. Ia menghilangkan rasa ragu terhadap diri sendiri dan memberanikan diri untuk melangkah menggapai mimpinya.

Jika ia bisa, anda juga pasti bisa. Mari tetap semangat di masa pandemi Covid 19.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN