Mohon tunggu...
Siti Maimunah
Siti Maimunah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

fokus satu tujuan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengamalan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Milenial

7 Juli 2021   15:00 Diperbarui: 7 Juli 2021   15:02 151 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengamalan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Milenial
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seiring perkembangan IPTEK yang kian maju dan modern yang mengakibatkan lunturnya nilai nasionalisme dan patriotisme khususnya kalangan generasi millenial. 

Jiwa-jiwa nilai Pancasila pun luntur yang akan menyebabkan hal buruk bagi bangsa dan negara. Maka dari itu perlu diadakan tentang penegasan dan mengembalikan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, dan ini merupakan hal yang sangat penting karena sudah terlalu banyak terjadi kesalahan penafsiran tentang Pancasila sebagai dasar negara. 

Dan penafsiran itu menyatakan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara tetapi Pancasila sebagai alat kekuasaan yang dapat mengendalikan semua apapun yang dilakukan di negara indonesia.

Dalam penelitian yang dilakukan sikap yang terlihat pada beberapa kalangan  generasi milenial memperlihatkan sikap-sikap yang sudah tidak menerapkan nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari contohnya seperti Pada sila pertama tertera "Ketuhanan Yang Maha Esa". Ketika melakukan pengamatan masih banyak sekali masyarakat dan kalangan generasi milenial  yang tidak menjalankan kewajiban beribadah sebagai umat yang beragama. 

Saat adzan Dzuhur berkumandang masih banyak orang yang tetap di lokasi nongkrong bahkan sampai adzan ashar berkumandang, sangat jelas orang tersebut memang berniat meninggalkan kewajiban beribadahnya, tak hanya itu Pada sila kedua tertera "Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab". Ketika berkumpul bersama dalam satu tempat memperlihatkan individual. 

Dimana masing-masing hanya terfokus pada gadget yang mereka miliki. Meskipun ada teman disampingnya mereka tetap saja memainkan gadget seperti tidak memedulikan orang sekitarnya. Kemudian juga sering terjadi, suatu kelompok yang tidak membela yang benar justru membela yang salah karena teman kelompoknya yang terlibat melakukan kesalahan.

Dalam contoh tersebut terlihat jelas sikap yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tidak menerapkan nilai-nilai Pancasila yang sudah ditegakkan di Indonesia. 

Nilai-nilai luhur Pancasila dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah, tetapi penerapan nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur, yang diakibatkan kemajuan IPTEK. 

Apabila salah satu nilai Pancasila diterapkan, maka nilai sila-sila yang lain akan terlaksana juga karena antar sila satu dengan yang lain memiliki kaitan yang kuat sehingga berfungsi sebagai filter untuk menyaring pengaruh buruk dari luar agar tidak masuk kedalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada  generasi millenial. 

Kita sebagai generasi penerus bangsa yang hidup di era millenial tentunya harus menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, agar apa yang kita lakukan sejalan dan sesuai dengan norma yang berlaku, dan kita tidak sampai salah arah..

Maka dari itu, perlulah dilakukan penanaman kembali nilai Pancasila pada generasi milenial. upaya menumbuhkan sikap diri berlandaskan Pancasila harus diterapkan sejak dini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN