Mohon tunggu...
siti luthfiyatin
siti luthfiyatin Mohon Tunggu... Mahasiswa Iain Jember

Kaya hidup yang sesungguhnya saat kamu tidak pernah lepas mengucap syukur atas nikmat hari ini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosok Suri Teladan yang Baik

2 Maret 2020   08:24 Diperbarui: 2 Maret 2020   08:22 30 0 1 Mohon Tunggu...

" Guru" mendengar kata tersebut mungkin tidaklah asing lagi dalam pikiran anda mengapa?????

Karena menjadi seorang guru tidaklah mudah tanggung jawab seorang guru begitu besar kata dalam jawa seorang guru harus bisa di "gugu lan ditiru" yang berarti harus di percaya, diikuti begitu pula bukan hanya bertanggung jawab mengajar mata pelajaran yang sudah tugasnya. melainkan lebih dari itu seorang guru juga bertugas mendidik peserta didiknya dengan cara bermoral , etika, dan berkarakteristik .. begitu juga menjadi seorang guru tidak hanya mengajarkan saja akan tetapi juga harus mampu memberikan contoh yang lebih baik kepada peserta didiknya. demikian pula guru harus mampu menjadikan sosok suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya.

Guru adalah sosok yang sangat mulia dan di agungkan bukan hanya di sekolah saja melainkan di masyarakat guru juga sangat terpandang tanpa jasa seorang guru mereka semua tidak bisa membaca dan menulis oleh karena itu bisa dibilang pahlawan tanpa tanda jasa . bukan hanya itu, seorang guru juga sangat di hormati di dalam lingkup lingkungan sekolah  guru juga di hormati oleh peserta didiknya. begitu pila dalam lingkungan masyarakat guru sangat di hormati karena guru sebagai rujukan yang baik dalam perkataan maupun perbuatannya. 

Seorang guru harus mampu mendidik peserta didik dengan baik harus bisa memberikan contoh yang baik dengan demikian guru juga harus mampu memberikan potensi semangat belajar buat peserta didik akan tetapi juga guru harus bisa menempatkan diri sebagai "agent of change" harus mampu memeberikan gaira semangat belajar peserta didik dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik. dengan menjadi guru yang teladan sehingga jauh lebih penting dari seorang guru dalam pendidikan.  

Jadi seorang guru harus menyampaikannya dengan sebuah kebenaran dan menumbuhkan keyakinan oleh sebab itu guru harus bisa mendidik peserta didik nya dengan baik. begitu pula menjadi seorang guru harus mempunyai sifat yang sabar, penyayang dan perhatian dalam mendidik karena tidak semua sama karakter mereka. oleh sebab itu menjadi guru tidaklah mudah karena menjadi guru harus mampu mendidik anak didiknya dengan baik kebayakan seorang guru berhasil mendidik peserta didiknya dengan menjadi orang yang pintar namun itu semua hanya sedikit diantara mereka yang bisa mencetak generasi yang berahlaq mulia. 

Begitu pula menjadi seorang guru harus mampu bersabar untuk menghadapi peserta didiknya karena menjadi seorang guru harus bisa mendidik dengan baik tetapi, bukan hanya mendidik dengan baik akan tetapi harus mampu memberikan contoh yang lebih baik dengan cara mendidik peserta didik nya yang dari tidak bisa menjadi bisa. akan tetapi juga menjadi seorang guru harus bisa adil satu sama lain bukan hanya kepada peserta didik yang mampu saja akan tetapi harus bisa menjadi seorang guru yang adil sebab guru tugasnya adalah mendidik bukan membanding bandingkan dengan cara mampu memberikan contoh yang baik kepada peserta didik maka itulah sering kali kita sebutkan pahlawan tanpa tanda jasa maka jasa seorang guru lah tidak pernah terlupakan....

VIDEO PILIHAN