Mohon tunggu...
Siti LailatulMaghfiroh
Siti LailatulMaghfiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sedang belajar mencintai menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Sibling Love: Seberapa Dekat dengan Saudaramu?

13 Maret 2021   11:05 Diperbarui: 13 Maret 2021   11:09 161 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sibling Love: Seberapa Dekat dengan Saudaramu?
Sumber: Dokumen Pribadi

"Cherish your siblings the same way they cherish you"-Sally Painter-

12 Maret kemarin bertepatan dengan hari lahir adek perempuanku. Setiap kali kami mengadakan acara syukuran makan bersama, pasti acara syukuran adek perempuanku digabung dengan acara syukuran ayah. Sebab bulan kelahiran ayah dan adek perempuanku sama. Hanya beda lima hari saja. 

Namun acara syukuran kali ini berbeda. Adek perempuanku saat ini sudah 1 tahun kurang 3 bulanan tinggal di pesantren. Pernah pulang dua kali karna mendadak ada acara keluarga. Dan kemarin kami sekeluarga memutuskan untuk berkunjung menemuinya di pesantren. Takut bila adek perempuanku mengharapkan kehadiran keluarga kecilnya. 

Dan benar saja, kemarin sore sebelum kami sampai di pesantren. Adek perempuanku sempat curhat ke teman ngajinya. 

"Aku berharap disambang, tapi udah sore. Pengen telepon tapi gak mungkin boleh. Jam telepon sudah habis".

"Ya udah mbak, kita ngaji aja yuk. Biar hati kita terhibur", kata teman adekku. 

Jengg.. Jengg..

Baru saja adekku ingin duduk di lantai untuk memulai ngaji. Tiba-tiba ada panggilan, 

"Kepada santriwati zahro ditunggu orangtuanya didepan".

Adekku yang awalnya merasa pasrah dan tak yakin jika keluarga kecilnya akan berkunjung dihari yang semakin sore. Bergegas dia berlari ke depan menemui ayah, ibu, adek dan kakaknya. 

Senyumnya sumringah membuat yang melihat ingin membalas senyumnya. Raut wajahnya terlihat bahagia. Kebahagiaan santri ini sederhana sekali. Tak berharap barang yang bernilai tinggi hanya mengharapkan kehadiran keluarga didepannya sudah mampu meluluhkan hatinya. 

Jika membahas tentang saudara. Teringat istilah Sibling Love. Sibling love yang berarti cinta saudara. Maksudnya rasa kasih sayang pada saudara kita. Bisa dalam bentuk tak ingin orang lain menyakitinya atau ingin selalu ada untuknya. Setiap orang pasti memiliki sibling love, aku yakin tak ada yang tidak ada. Pasti kita semua selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk saudara kita. Terlepas dari sikap kita yang terkadang saling membenci, saling mengolok-olok dan kemudian berbaikan satu sama lain. 

Apa jawabanmu saat kamu ditanya seberapa dekat dengan saudaramu??

Kalo aku akan menjawab dekat, terutama dengan adek perempuanku. Kedekatanku dengan adek perempuanku dimulai setelah aku selesai nyantri selama 4 tahun. Jarak umurku dengannya yang tergolong dekat juga yaitu lima tahun. Kami berdua tidur dalam satu kamar, ditambah banyak orang mengatakan bahwa kami berdua saudara kembar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN