Mohon tunggu...
siti khodijah
siti khodijah Mohon Tunggu... Kuliah di universitas pendidikan Indonesia

Kuliah di universitas pendidikan Indonesia UPI Bandung Tinggal di Indramayu-Bandung

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengajarkan Cara Memakai Masker yang Benar di Kampung Cibenoang Desa Mekarjaya, Indramayu

5 Juli 2020   11:51 Diperbarui: 5 Juli 2020   11:53 9 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengajarkan Cara Memakai Masker yang Benar di Kampung Cibenoang Desa Mekarjaya, Indramayu
kegiatan pembagian masker (sumber gambar siti khodijah)

Mengajarkan Cara Memakai Masker yang Benar di Kampung Cibenoang Desa Mekarjaya Kec. Gantar Kab. Indramayu, Ikuti Tips Berikut Agar Tidak Tertular Virus

Saat Pandemi yang meraja lela ini tidak membatalkan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa universitas pendidikan indonesia (UPI). UPI mengadakan KKN yang berbeda dari KKN sebelumnya yaitu KKN TEMATIK COVID-19 sebagai upaya untuk mewujudkan merdeka belajar. Mahasiswa di dorong untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dan program kerja untuk melawan pencegahan covid-19.

Siti khodijah mahasiswa program studi pendidikan tari, fakultas pendidikan seni dan desain (FPSD) Yang melalukan KKN di kampung cibenoang, desa mekarjaya, kec. gantar, RT/RW 019/011 kab. Indramayu. Yang di laksanakan pada tanggal 17 mei hingga 15 juni 2020. Menurut khodijah program KKN covid-19 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk ikut serta dalam usaha mengurangi penyebaran covid-19

Persiapan mahasiswa sudah terprogram rapih mulai dari survei dan menghimpun data masyarakat kampung cibenoang RT/RW 019/011 hingga terjun kelapangan untuk membagikan masker. Dan ketika Pembagian masker masyarakat sangat merespom dengan baik. Program yang telah dilakukan oleh khodijah yaitu pendataan masyarakat yang terdampak covid-19, membuat masker, membuat poster sekaligus menceraknya dan melakukan program edukasi yang dilakukan secara daring melalui media sosial seperti instageam, wathsaap, facebook, serta penyuluhan APD ke masyarakat.

Harapannya, masker yang diberikan dapat bermanfaat agar masyarakat selalu menerapkan penggunaan masker dimasa pandemik. Selain itu masyarakat juga diharapkan lebih sadar akan pentingnya mematuhi aturan kesehatan.

Masker sangat penting digunakan orang sakit (demam/batuk/bersin) atau mereka yang merawat orang sakit wajib menggunakan masker medis. Orang sehat cukup menggunakan masker kain. Makanya, mewabahnya virus corona ini, media sosial pun ramai dengan content tentang penggunaan masker. Bahkan, beberapa video penggunaan masker berhasil viral, meskipun salah.

kegiatan pemakaian masker (sumber gambar siti khodijah)
kegiatan pemakaian masker (sumber gambar siti khodijah)

Untuk itu bagaimana menggunakan masker yang benar? Penggunaan masker yang benar, bukan hanya ketika memakaiya , tapi sebelum memakainya pun harus diawali dengan benar. Ikuti tips-tips berikut ini:

  • Bersihkan telapak tangan

Sebelum memegang tali masker, Anda harus memastikan telapak kedua tangan bersih dari kuman. Untuk itu cucilah tangan dengan sabun atau antiseptic agar kuman mati. Pastikan sela-sela jari dan punggung tangan juga dibersihkan dengan sabun/antiseptic. Lalu bilas kedua tangan dengan air bersih yang mengalir, kemudian keringkan.

  • Pastikan masker tidak cacat

Pegang tali masker di kedua sisi. Cek kondisi masker, apakah benar-benar bersih dan tidak ada kerusakan seperti lubang. Jangan menggunakan masker yang rusak, karena perlindungan yang diberikan juga berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN