Mohon tunggu...
Siti Kadijah
Siti Kadijah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pejuang Toga

Sumatra Selatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Hybird Learning Universitas Aisyiyah Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19

22 Januari 2022   21:56 Diperbarui: 22 Januari 2022   22:02 34 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Pertama kalinya covid-19 masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020 di Depok, Jawa Barat dan sudah hampir 2 tahun ini negara kita dilanda dengan wabah penyakit atau yang sering kita sebut Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit akibat infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Penyakit ini dapat menular ke manusia dan dapat menyerang siapa saja.

Dengan adanya penyakit virus corona ini membuat Instutitusi Pendidikan menerapkan pembelajaran secara daring , mahasiswa belajar di rumah masing-masing untuk mencegah penularan Covid-19 mahasiswa menggunakan berbagai media sosial seperti whatshap, zoom, g.meet, dll. termasuk di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Seiring dengan berjalannya waktu Institusi Pendidikan menerapkan sistem pembelajaran secara hybrid learning.Setelah Institusi Pendidikan menerapkan pembelajaran secara hybrid learning Universitas Aisyiyah Yogyakarta mulai menggunakan metode pembelajaran secara hybrid learning, sebagai wujud nyata dalam menghadapi situasi new normal.

Pembelajaran Hybird Learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan atau mengkombinasikan antara pembelajaran daring dengan pembelajaran luring . Metode pembelajaran daring yaitu mahasiswa belajar dengan mengunakan internet dirumah masing-masing, Sedangkan metode pembelajaran luring mahasiswa belajar secara tatap muka di kampus. Dengan adanya metode pembelajaran hybrid leraning bisa mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara luring . Sebab dengan metode pembelajaran luring adanya  terjadi interaksi sosial ketika mahasiswa bertatap muka langsung dengan dosen di kelas di tengah pandemi.

Di Universitas Aisyiyah Yogyakarta sendiri sudah melakukan metode secara hybrid learning sejak tahun lalu dengan mematuhi protokol kesehatan. Mahasiswa setiap semester secara bergantian melakukan kuliah tatap muka di kampus. Kuliah luring sendiri diperioritaskan pada saat praktikum saja yang membutuhkan alat dari kampus dan penjelasan yang harus diberikan secara langsung oleh dosen supaya membantu pemahaan mahasiswa, Kegiatan praktikum di Universitas Aisyiyah Yogyakrta  ini dibatasi di ruang laboratorium tujuannya supaya menghindari adanya kerumunan apalagi di massa pandemi seperti saat ini dan sebelum melaksanakan perkuliahan secara luring mahasiswa Unisa Yogyakarta wajib melakukan tes genose dan harus mendapatkan izin dari orang tua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan