Mohon tunggu...
SITI FATIMAH
SITI FATIMAH Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Pemula yang mau belajar

Seorang ibu rumah tangga yang selalu terbuka untuk saran dalam perbaikan sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Belajar Bersama APD Sederhana dan Pembuatan Larutan Desinfektan

10 September 2021   12:33 Diperbarui: 10 September 2021   13:21 78 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(Semanu,Gunungkidul). Pandemi Covid 19 belum berlalu, selain dengan protokol kesehatan yang ketat dan peraturan pemerintah terkait penanggulangan pandemi Covid 19 ini, masyarakat diminta untuk kreatif dalam menjaga kesehatan dan melindungi diri dari tertular covid 19. 

Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo menyadari pemakaian APD (alat pelindung diri )menjadi hal penting ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di suatu wilayah, misal kematian kasus covid 19 atau kunjungan kepada pasien covid 19 di rumah. Mahasiswa KKN yang berlokasi di wilayah Dengok Lor , Pacarejo, Semanu mengadakan kegiatan belajar bersama dengan warga terkait pembuatan cairan desinfektan dan pemakaian APD yang benar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 4 September 2021 di rumah Dukuh Dengok Lor dengan jumlah peserta 15 orang. Kegiatan diawali dengan tanya jawab terhadap kebiasaan warga dalam pelaksanaan desinfeksi dan pemakaian APD, dari hasil diskusi masih ditemukan beberapa warga yang belum sesuai dalam pembuatan desinfektan maupun pemakaian APD. 

Pemakaian APD yang digunakan untuk menjenguk orang sakit covid 19 apabila tidak memiliki baju hazmat dapat menggunakan mantel plastik yang baru. Alat pelindung diri yang digunakan secara berturut-turut adalah : masker,baju hazmat/mantel plastik, sepatu boot, faceshield/kacamata google dan sarung tangan. Setelah pemakaian APD segera dilakukan penyemprotan desinfektan dan pakaian apd dilepas dan dimasukkan dalam plastik sampah infeksius dan APD tersebut hanya untuk sekali pakai.

Pembuatan cairan desinfektan menggunakan larutan klorin dan air, dengan ketentuan 1 sendok makan larutan klorin dicampur dengan satu liter air. Penyemprotan desinfketan harus efektif pada barang-barang yang rentan disentuh oleh pasien atau keluarga, setelah penyemprotan pada barang yang berbahan alumunium atau besi segera di lap agar tidak berkarat.

Kegiatan belajar bersama ini diakhiri dengan penyerahan alat desinfektan dan APD kepada warga padukuhan Dengok Lor. Masyarakat berharap sudah tidak ada lagi penambahan kasus Covid 19 dan masyarakat selalu aman dan sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan