Mohon tunggu...
SITI CHABIBAH
SITI CHABIBAH Mohon Tunggu... MAhasiswa

siti chabibah mahasiswa sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendampingan Pendidikan Online dan Training Aplikasi Belajar oleh Mahasiswa Psikologi Umsida

25 September 2020   20:38 Diperbarui: 25 September 2020   20:50 3 1 0 Mohon Tunggu...

PENDAMPINGAN PENDIDIKAN ONLINE DAN TRAINING APLIKASI BELAJAR OLEH MAHASISWA PSIKOLOGI UMSIDA BERSAMA WALI MURID DIDESA KARANGBONG

SITI CHABIBAH

MAHASISWA PSIKOLOGI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun 2020 melakukan kegiatan KKN berbeda dengan taun sebelumnya. UMSIDA melakukan kegiatan KKN ditengah Pandemi bukan berarti mengabaikan protol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. 

Dalam surat edaran nomor 4 tahun 2020 olehKementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dimana masa darurat covid membuat beberapa sekolah dan bahkan universitas melakukan semua kegiatan tatapan buka diganti dengan kegiatan daring atau belajar dari rumah. 

Akan tetapi tidak mengugurkan kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa batal diselengarakan. UMSIDA tetap melakukan kegiatan KKN, namun keli ini berbeda. KKN dilakukan oleh mahasiswa di lingkungan daerah tinggal masing-masing. Dengan mematuhi protocol kesehatan mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN.

Salah satu contoh mahasiswa jurusan Psikologi Siti Chabibah melakukan kegiatan KKN dengan program kerja Edukasi dan training bersama salah satu siswa SD dikarangbong dan wali murid. Dikarena semua proses kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah, mau tidak mau ibu 2 anak melakukan daring untuk anaknya ditengah kesibukan mengurus rumah. Mengapa habibah mengambil tema diatas karena saya rasa beberapa hambatan yang dialami oleh ibu-ibu dirumah ialah kurangnya pemahaman dalam penoprasian segala seuatu tetang pendidikan yang dilakukan secara online.

Saya melakukan kegiatan edukasi mengenai seputar penggunaan media internet untuk pengerjakan soal ulangan harian, absesnsi online, tugas wajib online, dan hafalan tiap seminggu sekali. Semua akan dikumpul pada wali kelas sebagai penanggung jawab muridnya. 

Sebut saja ibu Novi, beliau ibu rumah tangga yang tangkas dan cepat tangkap membuat system training dan edukasi belajar berjalan lancer. Edukasi dan training tetang pengisian google form dan whatssapp digunakan untuk ulangan harian yang diberikan guru dan dikumpulkan setiap harinya. Progres pembelajaran berlangsung dengan edukasi aplikasi google meet untuk system pengafalan masing-masing murid.

Dalam pross pendampingan tersebut ibu Novi sudah dapat melakukan kegiatan daring dirumah lebih optimal daripada sebelumnya, pungkasnya. Ibu Novi berkata “enak bibah kalau kayak gini akukan jadi lebih paham, dan bisa melakukannya sendiri gak nyuruh tetangga kost”, kata bu Novi. KKN KERJA TAHUn 2020 oleh Siti Chabibah dari kelompok 23 dilaksanakan dengan baik menskipun hambatan adalah waktu yang terbatas mengigat proses luring dalam KKN kali ini hanya diberikan waktu selama 120 menit dalam satu program kerja. Namun tidak menciutkan tekat saya untuk melakukan kegiatan KKN ini sampai selasai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN