Mohon tunggu...
siti baroroh
siti baroroh Mohon Tunggu... Administrasi - Belajar, belajar dan mengambil hikmah

Kalau kamu sudah merasa bahagia dengan dirimu, saatnya kamu membahagiakan dan bermanfaat untuk orang lain. Selesaikan urusan dengan dirimu sendiri terlebih dahulu.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Lathi: Mengangkat Budaya Jawa dengan Cara Modern

23 Juni 2020   06:30 Diperbarui: 23 Juni 2020   06:35 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lirik Lagu, sumber: akun youtube Weird Genius

Lagu ini pertama muncul ketika saya check billboard (tapi saya gak ngecek billboard Indo atau world) ketemu lagu ini. Rasanya gak asing dan saya suka musiknya. Saya langsung cek youtube untuk mendengarkannya. Asik juga lagu ini (pikir saya). Tapi terasa anek karena ada musik jawa di tengah, tapi saya hanay berfikir mungkin memang lagi nge trend. 

Tiba-tiba saya dengerin dengan seksana dan bener-bener ngeliatin videonya. Ternyata memang musik jawa dan ada bahasa jawanya. Baru saya celetuk, "owalah, ini lagu yang buat memang orang indo". Aneh ya komentarnya? Saya juga gak tau kenapa saya secara otomatis komen gitu, berasa gak percaya kalau lagu ini buatan lokal. Okay, itu cerita singkat dari saya cek lagu dan cletukan pertama saya. Lalu? Apa cletukan-cletukan lainnya?

Saya bukan yang suka musik banget, paham musik? Apalagi. Cuma suka-suka aja ndengerin dan mau belajar suka musik. Ada beberapa poin yang saya tangkep dari lagu ini.

Lagu yang keren

Kenapa saya bilang keren? Pertama karena lagu ini gabungan musik EDM (Elektronic Dance Music) dan gamelan. EDM sendiri semakin kesini musik EDM semakin naik daun. Bahkan temen-temen disini mungkin sedang menggeluti musik ini. Jadi walaupun yang terlihat di trending musik  youtube indo sebagian besar adalah dangdut, tapi sebenernya musik EDM sedang naik juga. Banyak yang menggeluti musik ini, khususnya muda-mudi. 

Sebut aja Alffy rev (yang saya tau ya) dan masih banyak lagi yang kalau di telusur bejubel. Nah salah satu musik yang bisa tembus di telinga orang awam seperti saya ini adalah lagu ini. Maksud saya walaupun saya bukan pecinta EDM, tapi begitu dengerin lagu ini bisa langsung suka, dengan musiknya. Kedua, lagu ini menggabungkan unsur modern dengan musik daerah dalam hal ini musik gamelan. 

Jadi alat musik yang sering kita denger biasa aja bisa lebih tampil lebih modern dan lebih mudah diterima di telinga khususnya muda mudi ya (baik yang ngerti budaya ataupun gak ngerti budaya jawa). Keempat, lirik Sebenarnya lirik yang ada sederhana, simpel tapi bisa digabungkan dengan lirik bahasa jawa yang mengandung makna yang dalem banget di gong part-partnya. "aji ning diri ana ing lathi". 

Buat saya ini genius. Yah kayak yang buat lah ya weird genius. Nanti kita bahas sendiri untuk maknanya ya. Kelima, video yang ditampilkan pun menurut saya elegan. Gak neko-neko, simpel tapi ngena. Mulai dari mbaknya yang muncul di awal, ada wayang, dan penari. Itu feel nya keren banget. Nah dari lima hal tersebut makanya saya bisa bilang kalau lagu ini keren banget.

Unsur makna dari lagu

Sebenarnya poin yang paling saya suka dari ending lagu yang berbahasa jawa 

aji ning diri ana ing lathi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun