Mohon tunggu...
Siti Arniansyah Kusnul
Siti Arniansyah Kusnul Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswi (19170005)

Lakukan hari ini. Jika bisa hari ini, kenapa tidak?

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kolhberg, Ahli Psikolog yang Tertarik dengan Penalaran Moral

31 Maret 2020   16:59 Diperbarui: 31 Maret 2020   17:13 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lawrence Kohlberg dilahirkan pada tanggal 25 Oktober 1927 di Bronxville, New York. Yap, kalau kita baca New York pasti tidak asing lagi, tepatnya di Amerika Serikat. 

Ia meninggal di usia 59 tahun. Beliau sempat menjabat sebagai professor di Universitas Chicago dan juga Universitas Harvard, lhoo. Yang dikenal orang-orang yakni karyanya dalam bidang penalaran, pendidikan, dan juga perkembanagan moral. 

Tidak hanya Lev Vygotsky yang mengagumi Jean Piaget dengan teori kognitifnya, namun yang satu ini juga pengikut Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Ia menjalankan studinya di Universitas Chicago dari mendapatkan gerlas sarjana psikologi hingga melanjutkan ke program pasca-sarjana. 

Ia menekuni penalaran moral anak-anak, karya-karya dari Jean Piaget dan karya lainnya yang kemudian ia menulis disertasi doktoralnya dengan memberikan kerangka dari tahap perkembangan moral Kohlberg. 

Bahkan ia meneliti tentang dilema moral, bagaimana orang-orang menjustifikasi tindakan-tindakan mereka bila mereka berada di dalam lingkup yang sama pada persoalan tertentu.

Baik, itulah sekilas info dari Lawrence Kohlberg si pembuat kerangka tahap perkembangan moral. Mari kita simak, apa aja sih yang ada di dalam teori tahap perkembangan moral?

Teori perkembangan moral ini juga masih berhubungan dengan teori konstruktif dari Jean Piaget yang menyatakan bahwa logika dan moralitas berkembang melalui tahapan di dalam konstruktif. 

Hingga pada akhirnya Kohrlberg memperluas pandangan tersebut dengan menentukan bahwa selama kehidupan, keadilan dan perkembangannya berlajut yang pada prinsipnya berhubungan dengan perkembangan moral. 

Teori tahap perkembangan moral berpandangan bahwa dasar penalaran moral yakni dari perilaku etis yang di dalamnya terdapat enam tahap yang berbeda. keenam tahap tersebut dipisah menjadi tiga tingkatan yakni pra-konvensional, konvensional, dan pasca-konvensional

Tingkat Pra-Konvensional

Tahap pra-konvensional umumnya penalaran moralnya ada pada anak-anak dan kadang orang dewasa juga terlintas penalaran seperti ini. Karena pada dasarnya orang yang berada pada tahapan ini akan langsung menilai moralitas tindakan dari konsekuensinya secara langsung. Terdapat dua tahapan di dalam tingkat pra-konvensional diantaranya,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun