Mohon tunggu...
Sitiana Azahra
Sitiana Azahra Mohon Tunggu... XI MIPA 1 (29)

Pelajar SMAN 28 jakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ingin Bertemu Orang tetapi Takut Terkesan Buruk? Yuk Lihat Tips Ini untuk Membuat Kesan Pertama yang Baik

2 Agustus 2020   17:42 Diperbarui: 2 Agustus 2020   19:41 148 5 2 Mohon Tunggu...

Ketika bertemu seseorang untuk pertama kali, pastinya kita memiliki kesan pertama terhadap orang lain begitu juga dengan mereka terhadap kita. Kesan pertama itu penting karena hanya dapat terjadi sekali dan efek dari kesan pertama itu dapat mempengaruhi pandangan orang terhadap kita untuk ke depannya.

Kesan pertama terjadi dengan cepat, kita hanya mempunyai waktu kurang dari 30 detik untuk mereka berpikir seperti apa kita. Kesan pertama itu sangat penting terlebih ketika kita ingin wawancara kerja. Satu saja kita membuat kesalahan yang mana membuat kesan pertama kita menjadi buruk, maka bisa saja hasil wawancara kita menjadi pertimbangan apakah kita lolos atau tidak.

Siapa sih yang mau kita dipandang buruk sama orang karena kesan pertama kita bagi mereka kurang memuaskan atau kasarnya jelek bagi mereka. Pasti kita ingin mereka memandang kita dengan baik. Jangan khawatir, berikut dibawah ini ada beberapa tips agar kita dapat menbuat kesan pertama yang baik.

1. Perlihatkan sisi percaya dirimu

Ketika bertemu orang untuk pertama kali, tunjukan kepercayaan dirimu dan perkenalkan dirimu dengan tegas dan sopan. Berdirilah dengan tegak tetapi bahu dilemaskan, luruskan pandanganmu, jangan menundukkan kepala dan tatap mata orang di hadapanmu. Namun, jangan bertindak terlalu percaya diri karena dapat terlihat congkak bagi mereka.

2. Berpakaian rapi dan sopan 

Hal yang pertama kali orang lihat atau perhatikan biasanya adalah penampilan dirimu. Berpakaianlah yang rapi dan sopan, dan sebisa mungkin sesuaikan dengan siapa dan dimana kamu akan bertemu. 

Jika orang yang ingin kamu temui adalah orang penting atau kamu akan menghadiri acara penting, maka pakailah pakaian yang formal, rapi dan sopan. 

Namun jika kamu hanya ingin bertemu seseorang ataupun teman baru dan ditempat yang non-formal, kamu bisa mengenakan baju kasual yang rapi dan sopan. Tetapi tetap perhatikan pakaian yang ingin kamu pakai dan sebisa mungkin berpakaianlah dengan tepat.

3. Datang tepat waktu

Jika kamu merencanakan akan bertemu seseorang untuk pertama kali ataupun kamu ingin menghadiri wawancara kerja. Jangan telat. Lebih baik kamu datang lebih dulu agar kamu dapat mempersiapkan dengan baik. 

Bila bertemu dengan seseorang dan kamu datang telat, kamu akan membuat mereka kesal dan akan membuat kesan pertamamu menjadi jelek.

4. Jaga kontak mata yang baik

Ini termasuk hal yang penting dalam membuat kesan pertama yang baik. Banyak orang yang tidak suka bila sedang berbicara tetapi mata orang di hadapannya malah bekeliling melihat kemana-mana. Tataplah mata orang di depanmu baik sedang bicara maupun tidak. 

Dengan menatap tepat dimatanya berarti kamu memperhatikan lawan bicaramu dengan baik. Jangan perlihatkan tatapan mata yang sayu karena dapat membuat orang mengira kamu bosan dengan situasi tersebut. Hal tersebut sangat berpengaruh sekali dengan kesan pertamamu.

5. Tersenyum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN