Mohon tunggu...
Siti Aminah Nst
Siti Aminah Nst Mohon Tunggu... Siti Aminah Nasution

Uinsu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penerapan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19

15 Agustus 2020   21:43 Diperbarui: 15 Agustus 2020   21:39 86 0 1 Mohon Tunggu...

Saat ini negara kita termasuk salah satu negara yang dilanda pandemi covid-19. Sejak awal kemunculannya di Wuhan yang kemudian menular ke berbagai belahan dunia telah mengambil nyawa banyak orang. Bukan hanya itu, adanya pandemi covid-19 telah memberikan pengaruh yang buruk terhadap pendidikan. Karena covid-19 semua sekolah ditutup dan pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan peserta didik belajar dirumah dalam sistem daring.
Dalam pembelajaran bahasa Arab, hal ini sangat berpengaruh buruk terhadap perkembangan pembelajaran bahasa Arab peserta didik karena dalam pembelajaran bahasa Arab tidak cukup efektif jika hanya dilakukan dengan sistem daring.  Pembelajaran bahasa Arab adalah suatu kegiatan belajar yang identik dengan penguasaan mufrodat, penguasaan kaedah Nahwu dan Sharaf karena tanpa menguasainya kita akan mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Dalam bahasa Arab kita juga harus mahir dibidang maharah Istima',  Kalam,  Qira'ah dan kitabah. Pembelajaran bahasa Arab sangat membutuhkan peran guru dalam membantu peserta didik dalam memahami setiap materi yang diberikan. Akan tetapi, ketika pembelajaran dialihkan dari tatap muka menjadi sistem daring yang dilaksanakan dirumah, pasti disini sangat membutuhkan peran orang tua dalam membimbing dan memperhatikan proses belajar anak. Pembelajaran bahasa Arab terbilang cukup sulit bagi sebagian orang dan pastinya hal ini membuat anak tidak bersemangat ketika belajar. Jadi disinilah peran orang tua sangat diperlukan untuk membantu dan membangkitkan semangat belajar anak. Para orang tua dapat menerapkan media dalam pembelajaran bahasa Arab guna menarik perhatian yang membuat anak akan bersemangat dalam belajar. Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu memudahkan anak dalam memahami materi pembelajaran dan merupakan alat yang menarik perhatian anak untuk termotivasi semangat mengikuti pembelajaran. Sangat banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan media pembelajaran diantaranya:
1. Sebagai penarik minat anak dalam belajar
2. Metode pembelajaran lebih bervariasi tidak hanya menekankan penjelasan semata
3. Media pembelajaran memudahkan proses pembelajaran karena anak akan lebih mudah memahami materi dengan bantuan media pembelajaran
4. Media membuat anak lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, karena media juga berhubungan dengan kegiatan game dan disini anak akan diajak ikut serta mengamati dan mendemonstrasikan.
5. Media juga adalah solusi mengatasi kejenuhan anak saat belajar

Banyak sekali media yang dapat digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab. Dengan media pembelajaran bahasa Arab maka anak akan memudahkan menghapalkan mufrodat, melatih kemahiran Istima', Kalam, Qira'ah dan kitabah. Adapun media yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
1. Media gambar
Media gambar harus disajikan semenarik mungkin, bisa menggunakan gambar yang indah dan berwarna-warni supaya anak tertarik dengan media tersebut. Dalam media gambar tersebut anak akan diminta untuk menebak mufrodat dari gambar tersebut dan tentu gambar yang disediakan harus berdasarkan materi yang telah dipelajari agar melatih ingatan anak tentang hapalan mufrodatnya.
2. Media video
Media video dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab dan bisa menggunakan video gambar beranimasi untuk menarik perhatian anak dan pastinya kegiatan interaksi dalam video tersebut berbahasa Arab.
3. Media audio
Media audio yang diperdengarkan bisa berupa radio ataupun lagu bahasa Arab. Kita bisa mengajak anak terlebih dahulu mendengarkan dan mengajak anak menyanyikan dari audio yang telah diperdengarkan. Selain lagu, audio tersebut bisa juga berupa percakapan penyebutan mufrodat dan lain-lain. Setelah anak diminta untuk mendengarkan audio kita bisa meminta si anak menyebutkan mufrodat yang telah ia dengarkan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak dalam mendengar atau maharah Istima' dan ini juga sekaligus melatih kemampuan anak dibidang Istima'nya.
4. Media teka teki silang
Dalam media ini kita dapat memberikan pertanyaan mendatar dan menurun dan anak akan menjawabnya dalam bahasa Arab. Selain mengasah otak, teka teki silang dalam bahasa Arab akan melatih pengetahuan kosa kata bahasa Arab anak.
Selain media yang telah disebutkan tersebut masih banyak lagi media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab yang sangat memberikan pengaruh baik terhadap pembelajaran.

DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN: Dr. H. Wirman Tobing. MA.
KKN-DR KELOMPOK 111
NAMA     : Siti Aminah Nasution
Mahasiswi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jurusan     : Pendidikan Bahasa Arab
SYUKRON
SEMOGA BERMANFAAT

VIDEO PILIHAN