Mohon tunggu...
Siti Adiyani Ayu Prasetyowati
Siti Adiyani Ayu Prasetyowati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Diponegoro Hobi Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalkan Peran Karang Taruna? Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Workshop Manajemen Pengelolan Wisata

14 Agustus 2022   09:44 Diperbarui: 14 Agustus 2022   09:50 25 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Waleng, Girimarto, Wonogiri (21/07/2022) Seperti yang kita ketahui bahwa sektor pariwisata memiliki peran penting sebagai salah satu sumber pemasukan daerah. Dalam hal ini potensi wisata yang dimiliki suatu daerah tentunya dapat menjadi andalan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Selain sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat sektor pariwisata juga menjadi salah satu sektor untuk menopang pemasukan negara khusunya di bidang non migas. 

Tentunya dalam mengelola potensi alam yang dimiliki suatu daerah maka tidak terlepas dari sumber daya manusia. Kepemudaan desa yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna menjadi salah satu sumber daya manusia yang harus dilatih dalam mengelola wisata. Karang Taruna sebagai generasi muda memiliki peran penting untuk membawa agen perubahan pada masyarakat di suatu daerah.

Akan tetapi dewasa ini masih ditemukan pemuda yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya mengelola wisata di daerahnya masing-masing. Pemuda masih cenderung menghabiskan waktunya untuk hal yang kurang bermanfaat seperti misalnya nongkrong, kebut-kebutan di jalan, dan sebagainya. 

Hal tersebut tentunya menimbulkan permasalahan yang cukup kompleks sehingga harus diberikan pendekatan tentang pentingnya kesadaran dalam mengelola potensi wisata kepada pemuda di wilayahnya masing-masing.

Manajemen desa wisata merupakan langkah strategis sebagai serangkaian usaha yang didalamnya memuat prinsip, metode, peraturan, serta ketentuan yang menjadi suatu sistem dengan tujuan untuk memecahkan masalah dalam pengelolaan wisata. 

Dengan harapan bahwa, melalui optimalisasi peran Karang Taruna dalam mengelola wisata, dapat meningkatkan kualitas pemuda desa melalui serangkaian kegiatan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu wilayah yang memiliki keindahan alam yang cukup potensial. 

Salah satu icon yang menarik di Desa Waleng adalah Embung Waleng yang saat ini cukup diminati oleh pengunjung. Akan tetapi pengelolaan dari Karang Taruna belum cukup optimal sehingga perlu dilakukan pendekatan tentang pentingnya mengelola wisata dengan manajemen yang baik pula.

Pada Kamis (21/07) Siti Adiyani Ayu Prasetyowati (20) sebagai salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022, turut serta memberikan edukasi serta pelatihan berkaitan dalam mengelola desa wisata guna meningkatkan kualitas Karang Taruna untuk mengelola potensi di Desa Waleng khususnya objek wisata Embung Waleng.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan