NAMA : SITI ZAHROYUNDIAFI
NIM: T20191057
PRODI: PAI
KELAS: A2/2019
Seiring berjalannya sejarah, bahwa perempuan telah banyak mengurangi erosi, mulai dari kepribadian, akhlaq, akidah, dan itu semua tidak lupat dari ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan dari kenjang pendidikan. sebagaimana telah kita ketahui bahwa pendidikan dahulunya lebih diprioritaskan laki-laki daripada perempuan. sementara perempuan tidak diberi kesempatan untuk merasakan jenjang pendidikan.
 Pendidikan tidak hanya dikatakan sebagai unsur utama dalam mencerdaskan suatu bangsa, melainkan pendidikan juga sebagai kontruksi sosial, dengan demikian suatu pendidikan memiliki andil di dalam relasi gender di masyarakat.
A. Problematika Gender dalam Pendidikan
 prinsip pokok ajaran dalam islam ialah persamaan antara laki-laki dan perempuan. Dimana perbedaan yang harus digaris bawahi dan suatu yang meninggikan atau merendahkan seseorang dilihat dari suatu nilai pengabdian dan ketaqwaan kepada Allah. Isu yang biasanya dibicarakan dan selalu hangat untuk dibicarakan adalah masalah gender. Dimanna perbedaan antara laki-laki dan perempuan masih banyak menyimpan sisi problematis baik dari segi substansi kejadian maupun dari segi peran yang diemban dalam masyarakat, atau didalam pendidikan.
Ada tiga aspek permasalahan gender dalam suatu pendidikan yaitu adalah:
1. AksesÂ
Akses adalah suatu fasilitas dalam pendidikan yang biasanya sulit dicapai