Mohon tunggu...
Siti fatimatuzzahro
Siti fatimatuzzahro Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

saya ingin membuat artikel karena hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat yang Kurang Diketahui bagi Mahasiswa Psikologi Pendidikan

2 Desember 2022   23:11 Diperbarui: 2 Desember 2022   23:27 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manfaat yang Kurang Diketahui Bagi Mahasiswa Psikologi Pendidikan

Pengetahuan sangat berharga bagi manusia. Melalui informasi, manusia dapat memanfaatkan dan kemudian menghasilkan manfaat bagi keadaannya saat ini. diperlukan siapa yang dapat menyampaikan informasi ini sehingga lebih mudah dirasakan oleh orang-orang. Studi Otak Instruktif ada sebagai bagian dari ilmu otak secara eksplisit untuk berkonsentrasi pada cara manusia berperilaku atau berolahraga serta siklus psikologis mereka dan bekerja di dalam dunia pendidikan .Penentu kebijakan pendidikan, pendidik, masyarakat, dan Psikologi Pendidikan sangat membutuhkan kehadirannya.

Selain untuk memberikan ilmu kepada orang lain, pendidikan yang efektif memerlukan pendekatan yang tepat agar dapat memberikan perubahan positif pada kognitif, afektif, dan psikomotorik. aspek.Berikut ini adalah beberapa manfaat dari membaca Ilmu Otak Instruktif untuk Siswa ac mengacu pada dua sudut pandang, khususnya sebagai guru dan sebagai siswa:

1. Mengembangkan kesadaran diri untuk memberikan pengetahuan secara lebih terstruktur dan efisien. Menjadi seorang pendidik itu sulit karena memberikan ilmu kepada orang lain bukan satu-satunya aspek pekerjaan. Keberhasilan peserta didik dalam mengalami perubahan yaitu memiliki kompetensi yang mumpuni di akhir masa pembelajaran merupakan tujuan dari kegiatan pembelajaran. Agar ilmu yang diberikan terserap secara optimal, pendidik dan peserta didik sama-sama perlu mengenal strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik

2. Lebih peka terhadap perilaku manusia dan kebutuhan belajar Perilaku belajar adalah bagaimana siswa menanggapi atau menanggapi kegiatan belajar, baik sikap positif maupun sikap negative. Hal-hal yang diperlukan siswa selama proses belajar, seperti sumber daya , media, dan fasilitas, disebut sebagai kebutuhan dalam pembelajaran. Pemahaman siswa diperlukan untuk menentukan pendekatan terbaik berdasarkan perilaku dan kebutuhan belajar mereka.

3. Memahami lingkungan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus Ada beberapa kelompok siswa yang membutuhkan bantuan belajar khusus Misalnya, siswa dengan kesulitan belajar, keterbelakangan mental, gangguan fisik atau perilaku, gangguan pendengaran atau bicara, dan kondisi lainnya, karena perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus berbeda dari itu. siswa tanpa kondisi ini. Mereka tetap berhak mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi, meski ada batasan. Siswa bisa membantu siswa dengan kondisi tersebut dalam memperoleh hak belajarnya dengan memanfaatkan ilmu psikologi pendidikan yang dimilikinya.

4. Mengenal metode dan strategi untuk memaksimalkan potensi siswa. Setiap siswa memiliki karakteristik dan kemampuan belajar yang unik. Mereka mungkin dapat memahami materi yang diberikan dengan lebih mudah dengan bantuan strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Ada tujuh belas jenis metode pembelajaran umum yang dapat digunakan untuk belajar. Siswa perlu mampu memahami karakteristik siswa agar dapat menghasilkan hasil belajar yang baik agar dapat mempelajari metode dan strategi tersebut.

Meskipun terdapat banyak metode pembelajaran, namun tidak semuanya cocok untuk siswa. Karena sifat, karakter, kepribadian, dan kemampuan setiap siswa akan berbeda, maka metode tersebut perlu disesuaikan dengan mereka. Tidak mungkin pendidik menggunakan kelebihan siswa secara efektif jika mereka tidak tahu bagaimana melakukannya, dan hanya mungkin untuk memperbaiki kelemahan siswa jika pendidik menyadari strategi yang dapat membantu siswa tersebut mengatasi kelemahan mereka.

5.Pelajari cara mengevaluasi hasil belajar Memahami hasil pembelajaran sangat penting untuk memahami proses pembelajaran secara keseluruhan. Melalui evaluasi, baik pendidik maupun peserta didik dapat menentukan seberapa baik kinerja mereka selama ini, memperbaiki kekurangan, dan meningkatkan kelebihan. Untuk memastikan bahwa hasil evaluasi benar-benar sesuai dengan kondisi pendidik dan peserta didik, pendidik dapat mencoba bentuk evaluasi lain, seperti praktik, wawancara, dan sebagainya. Teknik evaluasi meliputi pemberian tes atau ujian kepada siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun