Mohon tunggu...
Siti fatimatuzzahro
Siti fatimatuzzahro Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya ingin membuat artikel karena hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Jangan Meremehkannya! Ini adalah Manfaat Kesehatan dari Air Minum

28 November 2022   15:28 Diperbarui: 28 November 2022   15:34 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Jangan meremehkannya! Ini adalah manfaat kesehatan dari air minum.

Seberapa pentingkah minum air putih? Air tidak sepenting yang diyakini banyak orang. Meski tampak sederhana, air memiliki banyak manfaat lain selain perannya dalam mencegah dehidrasi. Minuman bersoda, misalnya, dianggap tinggi kalori. dan gula, sehingga berpotensi membahayakan kesehatan. Karena mengandung gula dan kafein, minuman berenergi yang sering dipilih sebagai sumber cairan juga harus diperhatikan. 

Begitu pula saat mengonsumsi jus buah kemasan, selalu baca labelnya pertama. Pentingnya Air Minum Air bebas kalori dan gula adalah pilihan paling sehat untuk memuaskan dahaga setiap kali menyerang. 

Selain itu, air minum memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya: Menjaga kadar cairan tubuh tetap stabil penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. suhu normal dan memastikan ginjal, sirkulasi, pencernaan, dan penyerapan makanan tidak terganggu. membantu menghidupkan kembali otot dan melumasi sendi untuk menjaga kelenturan.Kelelahan otot dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan.

Mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh.Dibandingkan minuman dengan banyak kalori, minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah kenaikan berat badan.Menjaga kesegaran kulit.Amanan jaringan halus tubuh dan sumsum tulang belakang. Berapa dosis yang biasa digunakan untuk menghindari dehidrasi? Kebutuhan cairan berbeda-beda pada setiap orang. 

Wanita dewasa sebaiknya mengonsumsi sekitar delapan gelas 200 mililiter per hari, atau rata-rata 1,6 liter. Sementara itu, pria sebaiknya mengonsumsi sekitar sepuluh gelas 200 mililiter, atau dua liter, setiap hari. Selain minuman, makanan dapat memenuhi sekitar 20% kebutuhan cairan tubuh. Cairan makanan sebagian besar berasal dari buah dan sayuran, seperti semangka dan bayam, yaitu 90% air.

Penting untuk diketahui bahwa manusia bisa kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), tapi juga saat berkeringat, bernapas, dan buang air kecil. Sakit kepala, kurang energi, dan urine yang berwarna gelap atau tidak segelap biasanya adalah tanda-tandanya bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. 

Perhatikan Situasi Khusus Sama pentingnya untuk memperhatikan beberapa situasi dan aktivitas khusus yang menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya, seperti: Aktif secara fisik atau berolahraga. Demam, muntah , atau diare.Hari yang sangat panas.Menyusui dan hamil.Wanita yang sedang menyusui sebaiknya minum air putih kurang lebih 3,1 liter per hari, sedangkan ibu hamil sebaiknya minum air putih kurang lebih 2,3 liter per hari. 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda kurang minum air putih selama ini. Usahakan untuk membiasakan minum air setiap kali makan dan ngemil. Anda juga bisa meletakkan botol air atau gelas berisi air di atas meja atau di tas yang selalu Anda bawa. 

Seperti hasilnya, Anda akan ingat untuk memakannya. Bergantian, Anda dapat meningkatkan rasa air putih dengan menambahkan rasa. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan irisan buah, seperti dalam minuman infused water, atau menawarkan jus buah segar tanpa tambahan gula. Tubuh membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup .Air adalah salah satu sumber terbaik, dan memiliki banyak manfaat.Untuk menjaga kesehatan yang optimal, konsumsilah air sesuai kebutuhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun