Mohon tunggu...
Siti Rachmah
Siti Rachmah Mohon Tunggu... Guru

Belajar berbagi

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Ramadan 1819

18 Mei 2019   19:53 Diperbarui: 18 Mei 2019   19:55 0 1 0 Mohon Tunggu...
Ramadan 1819
DOK.PRIBADI

Di bulan Ramadhan kditahun 2019 ini, Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, tidak meliburkan secara total proses belajar mengajar di sekolah, selama dua minggu sekolah melakukan kegiatan yang diarahkan pada penguatan kegiatan keagamaan di sekolah. 

Dalam bulan ramadan ini akan ada dua minggu libur, yaitu pada awal Ramadan selama seminggu dan akhir Bulan Puasa juga akan ada libur selama seminggu, sedangkan dua minggu dalam bulan tersebut akan diisi dengan kegiatan keagamaan.

Pelaksanaan pesantren Ramadhan yang di lakukan oleh SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan melalui pembinaan karakter dan kreativitas siswa melalui kegiatan keagamaan yang terus dikembangkan. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk siswa  selama bulan Ramadhan. 

img-20190513-wa0008-5cd95ee03ba7f777bd5334f2.jpg
img-20190513-wa0008-5cd95ee03ba7f777bd5334f2.jpg
Dengan adanya kegiatan pesantren Ramadhan yang  dilaksanakan diharapkan seluruh siswa SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan akan semakin berakhlakul karimah dan unggul di bidang iman dan takwa, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta selalu berbudaya lingkungan.

Sebuah pengharapan melalui kegiatan yang sangat positif ini, akan dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik, karena pada situasi dimana mereka pada usia SMA itu harus memiliki dasar-dasar akhlakul karimah yang bagus.

Hal tersebut menjadi sebab pelaksanaan pesantren Ramadhan yang dilakukan dengan pelaksanaan yang cukup panjang ini diharapkan terbentuk karakter atau akhlak siswa yang sesuai apa yang diharapkan. Karena tidak cukup hanya memiliki pemahaman ilmu pengetahuan saja, atau kesehatan saja itu tidak cukup. Namun yang paling berperan adalah pembentukan akhlak. Karena akhlak ini yang memandu seluruhnya.

DOK.PRIBADI
DOK.PRIBADI
Pesantren Ramadhan yang merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah. 

Melalui kegiatan pesantren kilat pula dapat membina akhlakul karimah diantara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Kegiatan pesantren Ramadhan memang seharusnya dilakukan sejak dini dan terus menerus dilakukan secara berkelanjutan karena itu merupakan strategi pendidikan yang strategis bagi siswa, orang tua dan sekolah. Pesantren Ramadhan merupakan  investasi untuk dunia dan akhirat bagi siswa, orang tua maupun guru. 

Pesantren Ramadhan yang dilakukan SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan ini dilaksanakan selama bulan Ramadhan dengan berbagai macam kegiatan diantaranya adalah: 

1. Tadarus Al Qur'an

DOK.PRIBADI
DOK.PRIBADI
Tadarus Al Quran dilaksanakan terpisah antara siswa dan siswi, dengan didampingi oleh guru dan siswi yang kompeten. Siswa dan siswi yang ditunjuk adalah siswa dan siswi memiliki kemampuan lebih di bidang membaca Al Qur'an. 

Dengan tadarus Al Qur'an maka siswa akan dilatih agar terbiasa membaca Al Qur'an. Membaca Al Qur'an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin, sebagai syafaat di hari kiamat, menghindarkan azab kubur dan mendapat petunjuk serta pertolongan dari Allah SWT.

2. Shalat dhuha dan dzuhur berjamaah

Untuk pelaksanaan Dhuha dan Shalat dzuhur berjamaah dibagi menjadi dua tempat. Untuk siswa dilaksanakan di Mushola Nurul Ilmi SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan. Dan siswa dilaksanakan di aula kelas yang dibuat secara presentatif untuk dilaksanakan. 

3. Pembelajaran Agama Islam tentang akhlak, adap terhadap guru dan orang tua serta ilmu fikih.

DOK.PRIBADI
DOK.PRIBADI
Kegiatan pembelajaran agama islam ini dilakukan di ruang kelas yang dibuka pembatasnya sehingga  layak seperti aula. Pemateri yang disampaikan beberapa ustadz yang diundang dari luar dan pemateri guru-guru yang dipandang kompeten dibidangnya untuk mengisikan materi. Para siswa dibekali ilmu akhlak, adab terhadap guru dan orang tua serta ilmu fikih.

4. Buka puasa bersama

Momentum buka puasa bersama ini bukan hanya acara rutinitas saja, namun lebih jauh agar makna dari ibadah puasa dibulan Ramdhan ini untuk meningkatkan kualitas keimanan bagi yang melaksanakannya dengan penuh ikhlas selain itu untuk menambah wawasan siswa dan rasa kebersamaan dan saling silaturrahmi antara diantara para siswa dan guru serta warga sekolah. 

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab,

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2