Mohon tunggu...
Siti Rachmah
Siti Rachmah Mohon Tunggu... Guru

Belajar berbagi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Puasa dan Kelapa

7 Mei 2019   05:13 Diperbarui: 7 Mei 2019   05:54 0 1 1 Mohon Tunggu...
Puasa dan Kelapa
dok. pribadi

Ramadhan telah tiba, dan disambut dengan suka cita oleh seluruh umat islam. Tak terkecuali oleh umat islam yang ada di kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Kepadatan pasar kecil H. Umar Hasyim adalah bukti betapa banyaknya masyarakat yang datang untuk berbelanja. Guna mempersiapkan menyambut kedatangan bulan suci tersebut.

Sebagai kota dengan julukan kota kelapa, kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang lebih dikenal dengan kota Samuda memang terkenal dengan buah kelapanya dari jaman dahulu. Walau sekarang muncul istilah kota walet, namun hal itu tetap tidak merubah sebutan bagi daerah yang memang terkenal dengan kelapanya.

Di awal puasa tahun ini banyak masyarakat yang mengais rizkinya diantaranya dengan berjualan kelapa muda. Alhamdulillah sepertinya dihari pertama antusias warga untuk berbuka dengan meminum air kelapa sangat besar.

Kelapa yang diketahui tinggi akan elektrolit, klorida, kalium, magnesium, sejumlah gula, natrium, dan protein. Air kelapa juga merupakan sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin, dan vitamin C yang baik. Hal inilah menyebabkan warga samuda kecamatan Mentaya Hilir Selatan rami membeli kelapa muda di hari pertama puasa tahun ini.