Mohon tunggu...
Siti Hasna Al Khansa
Siti Hasna Al Khansa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi SV IPB

super noise!

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Teknologi Pada Masa Pandemi

30 Juli 2021   15:02 Diperbarui: 30 Juli 2021   15:21 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknologi Pada Masa Pandemi
teknologi-pandemi-6103acfe9f7b9d30c60d5432.jpg

TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMISeperti yang kita ketahui teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan kita. Hampir di semua kegiatan, kita menggunakan teknologi. Dan pada dasarnya penciptaan teknologi yang sudah ada dilakukan untuk memudahkan kegiatan hidup manusia, khususnya pada masa pandemi(covid 19).

Kemajuan teknologi pada saat sekarang ini telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas dan kegiatannya. Pada saat ini kita menganggap teknologi sebagai kekuatan/power yang menentukan banyak aspek dalam kehidupan manusia. Dan siapa yang menguasai teknologi maka dialah yang akan menjadi pemenang dalam persaingan. Jadi dalam hal apapun, yang menggunakan teknologi pasti lebih unggul.

Seperti persaingan dagang, orang yg mempromosikan dagangannya hanya di toko saja dengan yg mempromosikan dagangan nya di internet/online, pasti akan lebih menguntungkan/unggul yg mempromosikannya di online. Seperti toko baju biasa dengan online shop contohnya ramayana dengan shopee/tokopedia dan memang orang-orang juga lebih banyak yg belanja online daripada belanja di toko karna lebih praktis serta simple apalagi sedang ppkm seperti ini, sekarang juga ojek online sudah lebih unggul dari pada ojek pangkalan.

Dan sekarang ini teknologi elektronik seperti handphone, laptop, serta komputer sudah menjadi teman kita sehari-hari dan semua itu memberi pengaruh yang besar terhadap sektor ekonomi, pendidikan, sosial, dan politik. Pada dasar nya teknologi memang sudah berkembang pesat di indonesia tetapi era covid ini membuat teknologi semakin dibutuhkan dan digunakan dalam aspek apapun.

Seperti pendidikan, karena pandemi covid ini, terjadi perubahan aktivitas belajar- mengajar dan Indonesia sudah melakukan pembelajaran online selama setahun belakangan ini, dengan tujuan untuk meredam/meminimalisir penyebaran virus covid-19, Pelaksanaan pendidikan daring ini sudah dilakukan oleh semua jenjang pendidikan dari yang tingkat SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Perubahan metode pembelajaran ini membuat lembaga pendidikan serta tenaga pendidik mau tidak mau harus menghadapi perubahan tersebut walau tanpa adanya persiapan yang memadai. Maka dari itu pentingnya teknologi sebagai kunci dan penunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. 

Perubahan karena pandemi covid ini juga berdampak pada ekonomi masyarakat Indonesia. Baik pedagang kecil, pedagang menengah sampai pedagang besar semua merasakan dampaknya, yang awalnya ramai menjadi sepi, menurunnya omset, waktu dagang yang dibatasi karena ppkm. Oleh karena itu teknologi sangat membantu pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia akibat pandemi covid 19 ini.

Dan karena ppkm yang sedang terjadi, banyak pedagang atau usaha-usaha yang mengubah metode penjualan nya menjadi via online. Dan para usaha makanan seperti restoran dan rumah makan hanya menerima pesanan take away serta gofood. Itu sebabnya digitalisasi dan inovasi sangat penting dalam mempertahankan serta meningkatkan sebuah usaha dan bagi yang ingin memulai usaha, peluang ekonomi digital sangat besar pada masa pandemi ini. Tidak hanya pada sektor ekonomi bahkan untuk sosialisasi pun lewat digital aplikasi untuk berkomunikasi karena bertemu teman ataupun melakukan organisasi sangat dibataskan mengadakan pertemuan secara langsung.

Seperti koin yang memiliki dua sisi, hal apapun didunia ini pasti juga memiliki 2 sisi, yaitu sisi positif dan sisi negatif. Begitu juga dengan teknologi, walaupun memberi manfaat yang positif, teknologi juga sering berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat, salah satu nya muncul hoax atau berita bohong dan disinformasi.

Sekarang banyak hoaks atau kabar bohong tersebar terutama di platform digital pada masa pandemi Covid-19. Di lansir dari kompas.id ada 1.064 hoaks terkait Covid-19 pada periode 1 Januari 2020 hingga 16 Juli 2021. Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat 1.760 hoaks soal Covid-19 pada 23 Januari 2020 hingga 17 Juli 2021.

Sebenarnya teknologi ini sesuatu yg fleksibel, kalau kita menggunakannya untuk sesuatu yg baik akan menjadi baik pula hasilnya tapi kalau kita menggunakannya untuk hal yg tidak baik akan menhasilkan sesuatu yg tidak baik pula. Dan sebagai pengguna teknologi, kita harus bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik, dan penggunaan teknologi yang positif akan mengedepankan etika sosial yang bertanggung jawab.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN